Serba-serbi VEGETARIAN, kenapa sih vegetarian??

  • admin
  • 19/10/2013
  • Apa sih vegetarian itu?
    Mungkin diantara agan-agan ada yang belum tau apa itu vegetarian, secara simple vegetarian dapat diartikan sebagai pola makan yang menghindari makanan yang berbahan dasar hewani, dengan begitu orang yang bervegetarian hanya diperbolehkan makan makanan yang berbahan nabati seperti sayur , tumbuhan, telur yang belum mempunyai bibit (pada kenyataan nya ada yang mengatakan vegetarian tidak boleh mengkonsumsi telur)

    Vegetarian itu apakah ajaran agama?
    Banyak masyarakat yang mengira vegetarian itu adalah ajaran yang dibawakan salah satu agama, mungkin ada diantara agan2 yang mengira begitu? memang benar ada anjuran dari salah satu agama untuk bervegetarian ( konon kata nya ini adalah bentuk cinta kasih universal kepada semua makhluk hidup tanpa terkecuali), untuk masyarakat modern sekarang ini vegetarian sudah banyak dijalankan. tidak terkecuali artis2 terkenal juga menjalankan pola hidup vegetarian, akan kita bahas dibawah.

    Apa sih gan manfaatnya bervegetarian?
    POLA makan vegetarian bisa mencegah penyumbatan urat nadi jantung hingga 97%. Menurut Rita Butram, Ph.D., kepala bidang makanan dan kanker dari lembaga kanker nasional (NCI) Amerika Serikat, 35% – 40% dari semua kematian karena kanker ada kaitannya dengan makanan. Dengan mengikuti prinsip-prinsip makanan sehat yang telah dipilih, yakni vegetarian, Anda bisa mendapatkan kesehatan yang sebaik-baiknya, karena bisa mencegah penyakit dan meningkatkan kekuatan. Karena itu, cobalah dan temukan betapa hidup kita menyenangkan!

    Kematian Vegetarian Lebih Sedikit 12% daripada Non Vegetarian

    Selama periode tersebut, hasil survei menunjukkan bahwa angka kematian para vegetarian 12% lebih sedikit daripada non vegetarian. Selain itu, pilihan makanan tampaknya telah berperan penting dalam melindungi para vegetarian dari risiko penyakit jantung, sehingga angka kematian kaum vegetarian akibat penyakit jantung lebih kecil 19% daripada non vegetarian. Kelompok vegetarian yang meninggal dunia akibat diabetes dan gagal ginjal juga lebih sedikit jumlahnya.

    Asupan kalori tampaknya tidak begitu penting. Kelompok vegetarian dan non-vegetarian umumnya memiliki asupan kalori harian yang sama. Para peneliti menemukan, bahwa hubungan antara asupan energi dan kesehatan tidaklah terlalu besar.

    Manfaat Vegetarian Lebih Terasa pada Laki-laki daripada Perempuan

    Meskipun antara laki-laki dan perempuan yang disurvei tidak ada perbedaan makan yang terlalu mencolok, akan tetapi manfaat bervegetarian tampaknya lebih menonjol pada laki-laki daripada perempuan. Dan vegetarian tampaknya tidak berefek pada penyakit kanker, karena jumlah penderita kanker kelompok vegetarian dan non-vegetarian hampir sama.

    Michael Orlich, direktur Program Pengobatan Pencegahan Penduduk di Loma Linda University di Kalifornia, AS, mengatakan bahwa penelitian kali ini dibandingkan dengan studi sebelumnya telah memasukkan populasi yang lebih beragam dan sampel yang lebih luas. “Orang-orang telah mengenal berbagai informasi gizi, namun acuan dasarnya adalah seberapa besarkah pola makan Anda yang akan berpengaruh pada risiko kematian Anda?” ujar Orlich.

    Diet Vegetarian Lebih Tinggi Serat dan Lebih Rendah Lemak Jenuh

    Namun para peneliti belum mengetahui mengapa vegetarian tampaknya dapat berperan protektif bagi manusia. Yang jelas, satu alasan yang mungkin ialah makanan kaum vegan mengandung lebih banyak serat dan lebih rendah lemak jenuh.

    Dr. Orlich menyatakan bahwa vegetarian seringkali lebih kurus daripada non vegetarian, inilah salah satu faktor lain yang berdampak pada kesehatan. Ia menambahkan, studi ini juga memperoleh manfaat dari responden dengan asupan rendah alkohol dan tembakau.

    Tidak Makan Daging, Tidak Berarti Pola Makan Sudah Sehat

    Namun, tidak makan daging tidak berarti bahwa pola makan Anda sudah sangat sehat. Misalnya, lumpia vegetarian ternyata juga mengandung lemak dan kalori tinggi. Sedangkan beberapa daging tertentu justru sangat menyehatkan.

    Situs Kristus Advent dalam sebuah pernyataannya, merekomendasikan banyak makan roti gandum, sereal, dan pasta, sayuran segar dan buah-buahan dalam porsi bebas, kacang-kacangan, serta biji-bijian dan benih dalam jumlah yang cukup.”

    Ahli gizi merekomendasikan vegetarian harus memperhatikan asupan nutrisi. Termasuk zat-zat besi, seng, kalsium, dan vitamin B12 yang terkandung dalam daging. Menurut Gallup Consulting Survey yang dirilis tahun lalu, sekitar 5 persen orang AS menganggap diri mereka vegetarian.

    Siapa saja artis yang mengaku bervegetarian dan apa yang mereka rasakan?

    Mike Tyson

    Di awal tahun 2010, Ecorazzi melaporkan bahwa Mike Tyson mengubah gaya hidupnya dengan drastis, termasuk salah satunya menjadi seorang vegan. Saat ini Mike telah berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 60 kg. Setelah hampir setahun Mike menjadi seorang vegan, ia mengatakan bahwa dia merasa sangat energetik dan bersemangat.

    Saya menjadi seorang vegan, dimana saya tidak lagi mengkonsumsi produk-produk dari hewan, saya juga melakukan banyak latihan dan berusaha menjadi orang yang setia. Saya menginginkan kehidupan yang berbeda, mengutip komentar Mike Tyson kapada Ecorazzi. Tyson juga sudah tidak lagi memakai narkoba dan berhenti merokok. Congrats Tyson, stay clean!
    Tobey Maguire

    Menurut Wikipedia, pemeran Peter Parker alias Spiderman ini telah menjadi seorang vegetarian sejak tahun 1992 dan menjadi vegan pada tahun 2009. Pada saat memerankan Spiderman, Tobey banyak mengkonsumsi tahu untuk membangun otot tubuhnya. Tobey menjadi seorang vegetarian karena kecintaannya terhadap semua hewan. Dan tahukah anda bahwa hotdog yang dimakan Tobey dalam Spiderman 2 adalah veggie hotdog.

    Selain itu, Tobey juga tidak mengenakan pakaian, sepatu, dompet, ikat pinggang ataupun aksesoris lainnya yang terbuat dari kulit hewan. Hmm ternyata Spiderman tidak hanya spider-lover, tetapi juga animal-lover.

    Bill Clinton

    Menurut laporan CBS News, Mantan Presiden Amerika, Bill Clinton yang sebelumnya sangat menyukai junk food, saat ini mengubah dietnya menjadi vegetarian. Walaupun ia masih mengkonsumsi ikan dalam jumlah kecil, namun Clinton tidak lagi mengkonsumsi daging jenis lainnya, termasuk produk susu. Apa alasannya? Dokter ahli bedahnya melaporkan bahwa pembuluh darah koronernya mengalami sumbatan kembali. Setelah Clinton menyaksikan salah satu program di CNN, ia mempelajari bahwa pasien penyakit jantung yang mengubah gaya hidupnya menjadi vegetarian, sedikit demi sedikit mengalami penyembuhan. Tubuh mereka melakukan proses penyembuhan sendiri.

    Saat ini Clinton sudah berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 10 kg dan pola makannya yang baru juga didukung oleh para ahli. Menurut American Dietetic Association, Diet vegetarian yang terprogram, baik itu vegetarian ataupun vegan, menyehatkan, bergizi cukup dan memberikan manfaat dalam mencegah dan mengobati penyakit-penyakit tertentu.

    Demi Moore

    Artis yang satu ini sudah sangat berpengalaman dalam hal diet vegetarian, lebih spesifik lagi, diet sayuran mentah. Bahkan, menurut Demi Moore, diet yang dijalankannya tersebut sangat membantu dalam menjaga kebugaran tubuhnya untuk berlaga dalam film Charlies Angels.

    Bagi Demi, diet sayuran mentah sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mencegah kanker, depresi, keletihan dan jerawat. Kalau setiap orang mengadopsi diet ini, polusi di bumi akan menurun, penebangan hutan juga akan berkurang, dunia menjadi lebih damai dan kriminalitas akan berkurang. Menariknya lagi, menurut Demi Moore, pada akhirnya diet ini akan menghidupkan kembali planet bumi kita.

    Mungkin inilah rahasia Demi Moore yang membuat Ashton Kutcher terpesona dan bersedia menjadi suaminya (pada saat mereka menikah, Demi Moore berusia 42 tahun dan Ashton Kutcher berusia 27 tahun).

    Paul McCartney

    Personil The Beatles ini memiliki kisah tersendiri mengapa dia menjadi seorang vegetarian. Setelah dia menikah dengan Linda, mereka pindah ke Skotlandia dan memiliki peternakan domba. Pada suatu hari Minggu, mereka sedang bersiap-siap untuk bersantap siang dengan menu domba panggang dari peternakannya. Ketika mereka melihat domba yang ada di piring, kemudian menatap ke luar jendela ke arah domba-domba mereka, Paul berpikir, Kami menyantap satu dari domba-domba kesayangan kami yang sedang berlari-lari di luar. Kenyataan ini membuka mata Paul dan ia berkata pada keluarganya, Kita tidak ingin melakukan hal ini. Dan momen tersebut menjadi titik tolak bagi keluarga McCartney, dimana mereka menjadi keluarga vegetarian.

    Masih banyak lagi deretan para artis, musisi, politisi dan ilmuwan yang bervegetarian, sebut saja Dustin Hoffman, Alicia Silverstone, Alyssa Milano, Bob Marley, Sandra Oh, Robin Williams, Elen DeGeneres, John Lenon dan Yoko Ono, Socrates, Plato, Aristoteles, Mahatma Gandhi, Leonardo Da Vinci, Albert Einstein, Isaac Newton, Deepak Chopra,

    Info terkait:

    • contoh non berita singkat
    • mading tentang vegetarian
    • contoh non berita
    • contoh iklan non komersial ku bahasa sunda
    • ide mading vegetarian di vihara
    • serba serbi mading tentang kesehatan
    • iklan non komersial bahasa sunda
    • Buat contoh Iklan Non Komersial memakai bahasa sunda
    • contoh iklan non komersil dalam bahasa sunda
    • paguneman situasi non formal

    Leave a Reply