Tahukah anda perbedaan KATAK dengan KODOK??

  • admin
  • 12/05/2014
  • Dalam wikipedia Bahasa Indonesia dikatakan frog=kodok, dan toad=katak atau bangkong. Secara artian bahasa mungkin berarti demikian. Namun kalau kita masukkan kata itu kedalam google terjemahan malah sebaliknya, frog=katak dan toad=kodok. Kenyataanya sendiri, banyak dalam artikel, kata “katak” diartikan sebagai frog dan kata “kodok” sebagai arti toad, misalnya cane toad=kodok tebu, posion-arrow frog=katak panah beracun, common tree frog=katak pohon bergaris, natterjack toad=kodok natterjack, dan pacman frog=katak pacman. Jadi, saya disini beranggapan frog memang berarti katak semetara toad itu berarti kodok. Katak dan kodok ini jelas memiliki perbedaan, berikut saya jabarkan perbedaan keduanya.

    Klasifikasi
    Kodok dan katak keduanya termasuk ordo Anura. Katak sejati termasuk famili Ranidae yg didalamnya terdapat 400 spesies lebih. Ada juga beberapa spesies katak yang disebut kodok dalam nama umum, tetapi jika kita melihat klasifikasi ilmiahnya, menunjukkan bahwa mereka memang katak bukan kodok. Mereka hanya disebut kodok karena kemiripannya mereka untuk kodok. Kodok sejati termasuk famili Bufonidae yg di dalamnya terdapat lebih dari 300 spesies.

    Tubuh
    Katak: Tubuh halus dengan pinggang sempit, umumnya tubuhnya ramping. Kulit katak berelendir, licin, dan halus.


    Kodok: tubuh pendek dan gemuk, kulitnya kasar penuh benjolan/bintik/kutil serta terlihat kering.


    Kaki Belakang

    Katak: Kaki belakang kuat, panjang, dan berseput yg diadaptasikan untuk melompat, memanjat, dan berenang.

    Kodok: Kaki belakang pendek, lebih disesuaikan untuk berjalan daripada melompat.

    Lompatan

    Katak: Katak mampu melompat begitu jauh karena kaki belakang mereka yg panjang dan kuat. Mereka bisa melompat kabur cepat saat dikejar pemangsa. Katak juga memiliki kaki khusus yang dirancang untuk menempel, sehingga memungkinkan mereka untuk memanjat pohon atau yang lainnya.

    Kodok: Kodok berbeda dengan katak, mereka tidak bisa melompat terlalu jauh atau melompat terlalu tinggi.

    Gigi

    Katak: Katak memiliki gigi untuk mencengkram makanan mereka (bukan mengunyah).

    Kodok: Kodok tidak memiliki gigi.

    Kelenjar Racun (Poison Glad/Poison Sac)

    Katak: Umumnya katak tidak beracun, namun beberapa katak mampu mengeluarkan racun alkaloid lipofilik pada kulit mereka, terutama mereka dengan warna yang sangat mencolok.


    Kodok: Semua kodok memiliki kelenjar racun yg terdapat di belakang mata mereka.


    Telur

    Katak: Telur-telurnya bergrombol seperti anggur. Beberapa betina katak pohon akan membawa telur-telur itu ke punggungnya, menjaga sampai menetas. Dan saat kecebong lahir, induknya akan meninggalkan mereka.


    Kodok: Telur-telurnya memanjang membentuk sebuah rantai (kecuali genus (Nectophrynoides) yg beranak). Telurnya biasanya dilindungi tanaman air sekitar. Beberapa induk kodok membawa telur-telur itu ke punggung, dan tetap menjaga kecebong.

    Tampilan
    Katak: Katak memiliki warna sangat beragam, mulai putih, hijau, kuning, oranye, merah, hitam dan bahkan biru.


    Kodok: Kodok memiliki tampilan warna yg kusam.

    Aktivitas
    Katak: Beberapa katak diurnal dan yang lainnya nokturnal

    Kodok: Hampir semua kodok itu nokturnal

    Habitat
    Katak: Katak hidup di daerah dekat air (meski ada beberapa spesies gurun yg akan hibernasi sampai hujan datang). Katak juga memanjat pohon.

    Kodok: Kodok menyukai daerah kering, jauh dari air. Hanya akan ke air untuk bertelur.

    Penyebaran
    Katak: Katak dalam famili Ranidae bisa ditemukan diseluruh dunia kecuali Antartica. Anggota dari family ini diantaranya bullfrog, common frog, green frog, leopard frog, marsh frog, pickerel frog, and wood frog.

    Kodok: Kodok bisa ditemukan diseluruh dunia kecuali Australia, daerah tundra, Madagascar, dan Polynesia. Kodok tebu (Bufo marinus) yg ditemukan di Australia bukanlah kodok spesies asli dari Australia, tetapi kalau spesies asli katak Australia cukup banyak.

    Info terkait:

    • obat pembasmi kodok
    • racun pembasmi katak
    • caption melompat
    • caption tentang perbedaan
    • obat pembasmi katak
    • obat untuk mengusir katak
    • perbedaan paguneman resmi dan tidak resmi
    • cara memasang besi baju kodok
    • sketsa katak
    • cara memasang kaitan baju kodok

    Leave a Reply