Tanda-tanda kalau gajimu saat ini KURANG!!

  • admin
  • 31/03/2016
  • Kalau kamu selalu merasa gajimu cepat habis meski baru tengah bulan, tandanya kamu sedang mengalami masalah finansial. Ada dua kemungkinan penyebabnya, yang pertama adalah karena gaya hidup boros dan yang kedua karena memang gajimu tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari.


    Image via 40.media.tumblr.com

    Kalau kamu merasa tidak bisa membayar tagihan-tagihan setiap bulan, kamu harus mulai memikirkan cara untuk meningkatkan pemasukan. Jika tidak mampu, tidak ada pilihan lain selain memperketat anggaran setiap bulan. Namun sebelumnya, kenali dulu tanda-tanda gajimu tidak cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari berikut ini.

    1. Gajimu hanya numpang mampir

    Kamu merasa sangat bahagia saat tanggal gajian tiba. Sayangnya, kamu sudah merasa kehabisan uang padahal masih tengah bulan. Memang bagus jika selalu melunasi tagihan sebelum tenggat waktu. Tapi jika setelahnya uangmu hanya cukup untuk makan sehari sekali, berarti gajimu sangat kurang dari cukup.

    2. Tidak bisa membayar tagihan
    Kalau kamu kesulitan memilih tagihan mana yang harus dibayar bulan ini, tandanya kamu sedang mengalami krisis keuangan. Kamu harus secepatnya mencari penghasilan tambahan atau mengurangi beban tagihan. Misalnya dengan di tempat dengan sewa lebih murah atau lebih dekat dengan tempat kerja sehingga bisa uang transportasi bisa terpangkas.

    3. Tidak ada sisa di akhir bulan
    Kamu tidak pernah makan di luar, tidak bisa menonton film di bioskop, dan tidak punya keanggotaan gym. Kamu selalu merasa frustrasi ketika diajak teman hang out di mall karena berpikir uangnya lebih baik digunakan untuk membayar tagihan listrik.

    4. Kartu kredit masih dianggap uang tambahan
    Salah satu tanda kalau kamu punya masalah dalam pemasukan adalah masih menganggap kartu kredit adalah uang tambahan. Akhirnya, setiap akhir bulan pun kamu mesti menggunakan kartu kredit untuk membayar segala pengeluaran. Cara ini tentu saja tidak menyelesaikan masalah dan malah memunculkan timbunan utang.

    5. Tidak punya dana emergensi
    Karena untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sudah sangat pas-pasan, kamu tidak punya sisa uang untuk disimpan sebagai dana emergensi. Akhirnya kamu pun memakai kartu kredit sebagai jalan pintas saat ada kebutuhan mendadak. Tagihan kartu kredit ini kemudian menjadi monster yang siap menerkam!

    6. Kamu selalu khawatir tentang uang
    Kekhawatiran ini tidak sebatas bingung bagaimana cara membayar biaya reparasi laptop yang rusak tiba-tiba, tapi kamu sampai sakit perut bahkan migrain karena bingung membayar sewa kosan. Kalau kamu sampai merasa sulit tidur setiap malam, mulai pikirkan cara-cara untuk menambah penghasilan. Pindah pekerjaan demi mendapatkan gaji lebih tinggi bisa menjadi jalan keluar untuk permasalahanmu.

    7. Kamu tidak bisa mencapai gol finansial
    Kamu hanya di situ-situ saja alias tidak ada kemajuan dalam membayar tagihan dan tabungan juga tidak kunjung bertambah. Indikator satu ini memang tidak seserius yang sudah disebutkan sebelumnya, tapi cukup serius untuk membuatmu mengubah keadaan. Apalagi jika kamu sudah bekerja bertahun-tahun namun tidak juga punya tabungan.