Ternyata makan dengan TANGAN bermanfaat bagi KESEHATAN!!

  • admin
  • 24/01/2015
  • Sebelum makan dengan sendok dan garpu, hal pertama yang Anda pelajari adalah makan dengan tangan. Seiring dengan perkembangan jaman, banyak alat makan yang ditemukan yang membantu manusia untuk makan. Alat makan ini dipandang lebih modern, bersih, dan canggih.

    Namun banyak pula orang yang tidak menyadari bahwa makan dengan tangan bisa bermanfaat untuk kesehatan. Seperti dilansir dari healthmeup.com, inilah manfaat makan dengan tangan bagi kesehatan tubuh Anda.

    1. Lebih menikmati makanan

    Tidak seperti makan dengan sendok dan garpu, jari-jari Anda memiliki kontak langsung dengan makanan ketika Anda makan dengan tangan. Ujung saraf Anda bisa merasakan suhu dan tekstur makanan sehingga mempersiapkan otak Anda untuk menerima makanan yang akan datang. Proses ini membantu otak melepaskan enzim yang tepat untuk menikmati makanan. Selain itu saat makan dengan tangan, Anda bisa merasakan panasnya makanan tersebut. Sehingga Anda menunggunya hingga hangat sebelum memakannya.

    2. Melindungi dari bakteri

    Tubuh manusia mengandung jenis bakteri tertentu yang bisa melindungi tubuh Anda dari bakteri berbahaya yang berasal dari luar tubuh. Bakteri baik ini terletak di tangan, mulut, tenggorokan, usus, dan sistem pencernaan Anda yang lain. Ketika makan dengan tangan, bakteri baik ini bisa melindungi Anda dari bakteri jahat. Tentu saja pastikan bahwa Anda mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dengan bersih.

    3. Menurunkan berat badan

    Jika Anda makan dengan alat makan, terjadi proses mekanis saat Anda makan. Namun ketika Anda makan dengan tangan, Anda benar-benar memperhatikan makanan apa yang Anda makan. Anda pun akan menikmatinya dengan seksama. Pola makan seperti inilah yang bisa menghindarkan Anda dari kenaikan berat badan yang signifikan.

    Siapa bilang bahwa makan dengan tangan bisa membahayakan kesehatan Anda? Bahkan menurut ajaran India kuno, jari tangan Anda mewakili lima elemen penting dalam hidup yaitu api, udara, tanah, air, dan langit. Jika elemen ini bekerja sama pada makanan, maka akan tercipta energi positif yang ada di dalam makanan Anda.

    Info terkait:

    • daftar menu makanan lucu

    Leave a Reply