Tips mengurangi kecanduan GADGET dengan cara SIMPLE!!

  • admin
  • 29/10/2015
  • Di era saat ini banyak orang yang udah kecanduan sama gadget. Kita bisa lihat di tempat publik kaya kafe, taman, atau bahkan perpustakaan dimana banyak orang berhadapan dengan kerabat mereka tetapi kepalanya “menunduk” pantengin smartphone masing-masing.
    Gimana caranya biar mereka melupakan smartphone sejenak di tempat yang bukan semestinya untuk smartphone?? Mungkin beberapa tips dibawah ini bisa membantu:

    1. Gunakan hanya 1 social media atau 1 instant messaging
    Percayalah, makin banyak ente menggunakan banyak social media atau instant messaging semakin membuat ente ketergantungan dan gelisah kalau jauh dari keduanya. Cukup pilih salah satu yang paling banyak digunakan oleh teman-teman dekat.

    Jadi kalau di social media atau di instant messaging gak ada notifikasi apapun, berarti teman-teman belum ada yang menghubungi ente. Kalau mereka perlu ente pasti akan menghubungi kok. Jadi ga perlu terus-terusan buka social media satu-satu, ga perlu buka instant messaging kalo ga ada notifikasi. Lain halnya kalau ente yang perlu ke temen, silahkan hubungi mereka via social media atau instant messaging. Ingat ya, pilih salah satu aja. Intinya jangan jadikan social media untuk aktifitas utama ente, kalo lagi ada waktu senggang silahkan aja tapi inget ga usah sering-sering.

    2. Kurangi “Update Status”
    Nah ini yang sering dilakukan kebanyakan anak muda di kalangan kita. Semakin ente sering update status, update location, upload foto lagi ngapain maka ente semakin penasaran siapa aja sih yang komentar tentang status gue? komentar apa aja sih mereka ?

    Update status boleh-boleh aja tapi balik lagi ke point 1, jangan sering-sering dan jangan dijadikan sebagai aktifitas utama. Lebih enak kalau ente punya kejadian apapun diceritain langsung ke temen-temen nanti pas ketemu, karena banyak topik yang harus dibicarakan. Dibanding update status nanti malah pas ketemu temen-temen malah sedikit topik yang dibicarakan karena pembahasannya
    sudah habis di social media.

    3. Aktifkan koneksi internet di jam senggang
    Pasti ente semua punya smartphone kan ? Masalah baterai mungkin beberapa diantara ente kehabisan baterai sebelum waktunya. Penyebabnya tidak lain adalah karena smartphone ente terhubung ke internet secara real-time, dan aplikasi-aplikasi di dalamnya melakukan sinkronisasi dalam interval yang pendek sehingga pertukaran data dari smartphone ke jaringan internet semakin sering.

    Coba deh sesekali mulai matiin tuh koneksi wifi atau 3G/4G di jam-jam yang bukan haknya. Kalau ada yang penting banget dan membutuhkan internet ya silahkan dinyalakan koneksinya, balik lagi ke point 1, jangan sering-sering yaa. Beda lagi kalau kerjaan ente emang butuh internet.

    4. Banyak “bermain”

    Bermain disini maksudnya melakukan aktifitas sesuai dengan hobby ente. Misalnya untuk yang cowok bisa main musik, bongkar motor/mobil, ngerawat peliharaan, dan lainnya. Untuk yang cewek mungkin bisa nyoba masak dengan resep baru, ngerawat peliharaan, nyoba-nyoba pakaian. Jadi waktu ente bisa lebih bermanfaat dalam sehari, tadinya sehari bisa 40% waktu cuma buat social media nah mungkin nanti cuma 10% atau bahkan 5%. Lebih seru main di dunia nyata kan ketimbang main di social media?
    Nah itu beberapa tips yang bisa ane sampaikan ke ente semua. Oiya tips-tips ini ditujukan secara universal, beda halnya kalau ente punya kerjaan yang berhubungan dengan gadget sebagai medianya. Intinya lebih bijak aja ya…

    Info terkait:

    • doodle nama ridwan
    • grafiti tulisan nama rizky
    • grafiti nama rizky
    • contoh mading simple
    • logo nama rizky
    • hiasan loker
    • Grafiti nama idris
    • caption simple kekinian
    • gambar grafiti idris
    • sketsa grafiti nama (RIO)