Tips-tips merawat ADAPTOR laptop yang BAIK dan BENAR!!

  • admin
  • 27/10/2013
  • Charger laptop merupakan salah satu komponen yang cukup sering mengalami kerusakan. Adapun kerusakan umum pada charger laptop sebagai berikut:

    1. Kabel adaptor putus.
    Hal ini paling sering terjadi pada semua merk laptop dan apapun tipe nya. Hal ini terjadi karena kesalahan pada saat menggulung kabel. Hindari menggulung kabel secara oval atau lonjong, usahakan menggulung kabel secara melingkar dan jauhi lipatan pada bagian pangkal kabel (dekat charger) karena bagian itu yang sering terjadi kerusakan.

    Jika hal tersebut terjadi biasanya laptop tidak akan bisa terisi dengan baik, karena kabel kadang tersambung dan kadang terputus. Hal tersebut masih tidak teralu membahayakan, hanya saja akan mempengaruhi usia laptop. Yang akan lebih parahnya jika kabel yang putus tersebut mengelupas di bagian dalam dan membuat kabel positif dan negatif terhubung secara tidak sengaja. Hal tersebut sangat berbahaya bagi charger laptop kamu, karena jika terjadi hal seperti itu dengan waktu yang lama akan merusak semua komponen yang ada.

    2. Fuse/ Sekering
    Ada sebagian adaptor dilengkapi dengan fuse,yang berfungsi untuk memutuskan arus atau tegangan apabila melebihi darikapasitas yang dibutuhkan. Untuk komponen ini pertama kali kita cek terlebih dahulu putus apa tidak dengan dilihat secara fisik atau dengan multimeter.

    3. Dioda short
    Fungsi dari dioda disini adalah sebagai penyearah arus AC yang berasal dari trafo switching menjadi arus DC sehingga dapat diterima oleh laptop kamu. Jika terjadi hubungan arus pendek seperti pada masalah sebelumnyan maka dioda ini bisa saja tidak kuat untuk menahan beban berlebih sehingga putus.

    4. Elco/Capasitor
    Perhatikan tanda-tanda fisik dari komponen ini, terjadi perubahan fisik apa tidak. Biasanya menyebabkan komponen output charger tidak stabil, maka perlu dicurigai komponen ini.

    5. Transistor atau SCR
    Komponen ini jarang sekali rusak, namun untuk langkah awal apabila waktu dicharger komponen ini panas kemungkinan jugabisa rusak.

    6. Solderan Reta
    Jika adaptor dalam kondisi panas dan lansung terjatuh maka itu akan memperbesar peluang retaknya solderan pada PCB adaptor kamu. Jika terjadi seperti itu maka adaptor kamu tidak akan dapat berfungsi, karena fungsi dari solderan tersebut adalah sebagai penghubung dari semua kaki kaki komponen yang bersangkutan. Hindari untuk menjatuhkan nya apalagi dalam kondisi panas.

    7. DC Conector Rusak atau terbakar
    Cek kondisi terminal in (DC conector pada laptop) mungkin terbakar atau rusak…..

    Nah, berikut cara merawat charger laptop yang baik dan benar:

    1. Menggunakan Adaptor tidak Over
    Menggunakan Adaptor untuk mencharge tanpa batasan waktu tidak di anjurkan, menggunakan charger untuk mengisi daya untuk waktu yang sangat lama dan percuma akan membuat charger cepat rusak, misalnya ketika Kita akan tidur, lupa kontak masih tertancap pada colokan sumber listrik hingga pagi hari, jika terjadi pembiaran dan acuh terhadap hal ini, maka dijamin umur Adaptor akan pendek dan Sobat akan menanggung konsekuensinya yaitu membeli Adaptor baru/memperbaikinya.

    2. Tidak Menggulung Kabel
    Ini yang sering Kita sadari yaitu ketika menaruhnya di dalam tas dan tanpa disadari keadaan Adaptor kabel menggulung dan tertekan buku dan perlengkapan di dalam tas lainnya, hal ini akan membuat kabel bagian dalam putus terutama pada bagian kabel penyambung Adaptor.
    Untuk mengatasi hal ini adalah gulung kabel Adaptor dengan hati-hati tanpa ada gulungan yang membahayakan. Contoh kabel adaptor yang putus adalah ketika Kita akan mencharge kadang charge kadang tidak.

    1.menggulung kaber yang benar


    menggulung kabel yang salah

    3. Gunakan Stabilizer
    Hindarkan penggunaan kontak yang voltagenya naik turun/gunakan stabilizer.

    4. Charger Baterai Sebelum Habis
    Hindari charge sampai keadaan baterai kosong karena ketika pengisian kembali akan membutuhkan aliran listrik yang besar, sehingga akan membuat kinerja Adaptor semakin berat dan mempengaruhi umur Adaptor.

    5. Ganti Adaptor Baru
    Ganti Adaptor jika pengisian sudah terputus-putus karena akan merusak Baterai dan Motherboard. Lebih baik mengganti Adaptor yang baru, karena harganya yang lebih murah, dan belilah yang asli.

    Klo agan-agan yang sering bertanya-tanya kenapa yah charger ane panas amir ???

    Ada 2 kemungkinan overheating pada charger laptop yaitu:
    1.Tegangan listrik dirumah menurun, atau dibawah 200Volt..
    Kembali ke pelajaran SMP, inget rumus V=i.r? dimana jika V (voltage) turun, maka i (current) yang naik, begitu sebaliknya.. current itu kuat arus, semakin besar i, maka adaptor semakin panas..

    2. Jika tegangan listrik dirumah stabil atau rata2 220V..
    Ini bisa kita lirik masalahnya ada di laptop, karena seluruh beban berada di laptop.. bisa jadi laptopnya sudah boros power, boros power bisa disebabkan oleh DC/DC converter yang sudah bocor DC filternya. DC/DC Converter ini terletak di mobo..

    Saran:
    1. Jangan sekali2 menggunakan battery sampai habis, karena battery yang habis atau kosong akan membutuhkan power yang besar untuk charging.

    2. Jika ingin ganti adaptor, gantilah dengan current yang besar.
    misalnya: adaptor asli anda 16V 4,5A, maka dengan kondisi seperti ini carilah adaptor 16V 5,5A.

    3. Untuk STOP kontak yang ke Listrik sebaiknya dicek secara rutin, jika stop kontak kendor dapat membahayakan laptop akibat adanya lonjakan listrik PLN atau induksi.

    Info terkait:

    • contoh teks berita jalan rusak
    • bh anak smp
    • contoh iklan tas dalam bahasa jawa
    • contoh teks reporter tentang jalan rusak
    • contoh naskah berita jalan rusak
    • berita jalan rusak menggunakan bahasa inggris
    • contoh berita jalan rusak 5W 1H
    • contoh opini jalan rusak
    • contoh teks reportase jalan rusak
    • teks reporter tentang jalanan rusak

    Leave a Reply