TOP 10 bahasa RAHASIA yang hanya diketahui oleh beberapa orang saja!!

  • admin
  • 08/04/2017
  • Jangan kira semua bahasa di dunia ini tercatat dan boleh diucapkan siapa aja. Faktanya, ada beberapa bahasa di dunia yang jadi bahasa rahasia.

    Ini miriplah sama bahasa isyarat, cuma orang tertentu yang tahu dan pakai bahasa itu. Bahasa-bahasa rahasia ini dipakai oleh masyarakat tradisional, pekerja profesionan, komunitas tertentu dan bahkan oleh para penjahat. Mau tahu bahasa apa aja namanya? Simak nih.

    1. Polari

    Polari awalnya jadi bahasa buat komunikasi antar pelaut Inggris di abad ke-19. Bahasa ini lalu jadi bahasa resmi gay Inggris antara tahun 1930-an dan 1960-an. Saat itu gay masih ilegal di Inggris. Polari dipakai oleh gay buat berbicara dengan diri mereka sendiri atau dengan orang asing yang dirasa gay. Jika orang asing itu menjawab, itu artinya dia gay. Kalo nggak ada jawaban, ya nggak ada masalah. Toh dia nggak sadar kalo dia diajak ngobrol.

    2. Pig Latin

    Anak-anak, dan kadang-kadang orang dewasa, menggunakan Pig Latin, yang dibentuk dengan mengubah kata-kata dari Bahasa Inggris, untuk diam-diam berkomunikasi. Bahasa ini pertama kali digunakan sekitar tahun 1869. Bahasa ini punya banyak sebutan antara lain Hog Latin, Goose Latin dan Dog Latin. Beberapa kata Pig Latin seperti Ixnay, yang berasal dari kata nix, dan amscray, yang berasal dari kata scram, telah diadopsi ke dalam bahasa Inggris.

    3. Leet

    Bahasa yang satu ini dibentuk dengan mengubah huruf dengan simbol atau angka tertentu. Leet dimulai oleh kelompok hacker elit di tahun 1980-an. Mereka pakai itu buat menyampaikan pesan rahasia di antara anggota. Sayangnya, ada beberapa pengguna internet yang bisa baca Leet. Untungnya, komputer nggak bisa membaca Leet, sehingga spammer memasukkannya dalam email untuk mem-bypass filter spam. Beberapa pengguna internet juga menggunakannya untuk membuat password yang sulit untuk perangkat lunak yang digunakan oleh hacker.

    4. Boontling

    Boontling adalah bahasa resmi dari Boonville, California. Bahasa ini udah dipakai sejak 1880 sampai 1920. Ini adalah campuran dari beberapa bahasa penduduk asli Amerika, Spanyol, dan kata-kata slang yang diciptakan oleh penduduk setempat. Salah satu alasan kenapa Boontling dirahasiakan adalah karena penduduk setempat takut orang luar akan mengejeknya.

    5. Carnie

    Pegulat profesional menggunakan Carnie buat berbicara di antara mereka sendiri, bahkan jika mereka di depan penonton. Munculnya bersamaan dengan awal adanya gulat profesional. Saat itu bahasa ini digunakan untuk berkomunikasi selama pertandingan gulat.

    6. Lunfardo

    Tahanan di Argentina menggunakan bahasa Lunfardo buat diam-diam berkomunikasi. Bahasa ini pertama kali digunakan oleh anggota Buenos Aires kelas bawah. Bahasa ini berisi kata-kata yang berasal dari bahasa Spanyol dan Italia. Lunfardo memiliki lebih dari 5.000 kata.

    7. Swardspeak

    Swardspeak adalah bahasa rahasia yang digunakan oleh kaum gay di Filipina. Bahasa ini dibentuk karena sikap tidak ramah dari masyarakat ke kaum gay. Ini adalah campuran dari bahasa Inggris, Spanyol, Jepang, dan beberapa bahasa Filipina asli, termasuk Tagalog, Cebuano, Waray, Bicolano, dan Hiligaynon. Nama politisi lokal dan asing, selebriti, dan merek juga diadopsi sebagai kata-kata di bahasa Swardspeak.

    Swardspeak nggak punya aturan aturan atau standar tetap. Daerah yang beda punya dialek mereka sendiri. Kata ditambahkan bila diperlukan dan dihapus ketika udah nggak dibutuhin. Beberapa orang mengganti huruf pertama dari sebuah kata Swardspeak dengan kombinasi satu atau dua huruf dan mengganti bunyi vokal a, o, dan u dengan eh, or dan ur untuk membuatnya terdengar seperti bahasa asing dan lebih membingungkan bagi nonspeakers.

    8. Thieves Cant

    Bahasa ini dipakai buat komunikasi rahasia antara pencuri dan pengemis di beberapa negara Anglophone, termasuk Inggris. Jumlah penuturnya udah menurun, meskipun masih digunakan oleh geng di Amerika Serikat dan Inggris. Ada dua versi dari Thieves Cant: Simple Thieves Cant dan Advanced Thieves Cant. Simple Thieves Cant adalah yang paling populer dari dua. Bahasa itu digunakan oleh penjahat pemula, warga kelas bawah, dan agen penegak hukum.

    9. Nushu

    Nushu, yang berarti tulisan perempuan, adalah bahasa yang cuma digunakan oleh wanita China. Bahasa ini berasal dari provinsi Hunan, China dan udah ada sekitar 15 tahun sebelum Masehi. Saat itu wanita dilarang mendapatkan pendidikan.Nah, buat diam-diam berkomunikasi di antara mereka, terbentuklah bahasa ini. Beberapa karakter bahasa ini berasal dari bahasa China, sementara yang lain diciptakan. Seperti bahasa China, Nushu ditulis dan dibaca dari atas ke bawah dan dari kanan ke kiri. Native bahasa Nushu yang terakhir adalah Yang Huanyi. Dia meninggal pada tahun 2004 lalu.

    10. Kallawaya

    Bahasa Kallawaya diucapkan oleh anggota suku Kallawaya dari Bolivia. Suku Kallawaya tinggal di enam desa di wilayah Apolobamba Bolivia. Mereka dikenal sebagai orang yang bisa menyembuhkan penyakit dengan cara tradisional. Nah, bahasa ini digunakan untuk tujuan penyembuhan. Walaupun gitu, mereka kadang-kadang menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Bahasa Kallawaya berasal dari bahasa Quechua yang dituturkan oleh suku Inca. Bahasa itu nggak tertulis cuma disebarkan lewat lisan dari ayah ke anak atau dari penyembuh ahli untuk muridnya. Anak-anak dibebaskan dari belajar Kallawaya karena belajar bahasa ini hanya diperuntukkan bagi remaja dan orang dewasa yang ingin menjadi dukun.

    Gimana, gan? Tertarik buat mempelajarinya ? atau jadi tertarik buat bikin bahasa rahasia juga nih biar bisa update status sepuasnya tanpa ada orang yang tahu maknanya? Kalo tertarik agan pengennya bikin bahasa yang kayak gimana?

    Info terkait:

    • tulisan latin KIKI
    • tulisan fitriana
    • tulisan dinda latin
    • tulisan dani latin
    • tulisan anak mami
    • tulisa latin dinda
    • tulis latin aisyah
    • slank huruf latin
    • huruf latin doodle
    • tulisan RMBL