TOP 10 bandara internasional TERBAIK di dunia tahun 2013!!

  • admin
  • 30/07/2013
  • Bandar udara tidak hanya sebagai tempat menaikkan dan menurunkan penumpang pesawat. Lebih dari itu, bandara dibangun menjadi satu kesatuan dengan fasilitas lain, seperti tempat belanja, tempat olahraga, hingga tempat hiburan. Seperti apa bandara terbaik di dunia ini?

    Skytrax baru-baru ini memberikan penghargaan 10 bandara terbaik di dunia. Perusahaan konsultan penerbangan asal Inggris ini, setiap tahunnya memang kerap memberikan penilaian terhadap maskapai, bandara, hiburan dalam pesawat, staff, dan elemen perjalanan udara terbaik lainnya.

    Per 2013, bandara terbaik di dunia versi Skytrax adalah Bandara Changi di Singapura. Bandara ini mengalahkan berbagai bandara besar lainnya seperti Bandara Munich di Jerman, Bandara Heathrow di London, Inggris, dan Bandara Schiphol di Amsterdam, Belanda.

    Selain Changi, terdapat tiga bandara lainnya yang berada di wilayah Asia yang juga berhasil masuk ke dalam daftar bandara terbaik di dunia.

    Berikut daftar 10 bandara terbaik di dunia 2013 versi Skytrax:

    1.Bandara Changi, Singapura


    Memiliki nama resmi Singapore Changi Airport, ini adalah bandara internasional yang terletak di daerah Changi di bagian ujung timur pulau Singapura. Bandara yang diresmikan pada 29 Desember 1981 ini dikelola Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS).

    Dengan rata-rata jumlah penumpang per tahun mencapai 37,2 juta, Bandara Changi melayani penumpang lebih dari 200 tujuan dengan 90 lebih maskapai penerbangan internasional. Bandara ini juga menangani sekitar 5.000 kedatangan dan keberangkatan setiap pekan dan merupakan `markas` dari Singapore Airlines, SilkAir, Valuair, dan Tiger Airways.

    Bukan hanya sebagai tempat persinggahan, bandara ini juga dapat digunakan bersenang-senang dan menghilangkan stres. Bersih, sempurna, terorganisir dan penuh kenyamanan, itulah gambaran dari bandara yang selalu melakukan perbaikan setiap setahun sekali ini.

    Bandara Changi juga menyediakan kolam renang, pusaran air untuk mandi dan meja pijat, Bandara ini juga dilengkapi tempat sholat dan bar, serta area game LAN dan bioskop gratis.

    Di atas semua itu, faktor kenyamananlah yang diutamakan di sini yang paling dihargai penumpang. Dalam bandara ini, juga terdapat kursi tidur untuk berbaring yang dilengkapi TV layar datar yang tersebar di seluruh lantai terminal.

    2.Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan


    Terletak sekitar 48 kilometer sebelah barat Ibukota Seoul, Bandara Internasional Incheon adalah bandar udara terbesar di Korea Selatan dan merupakan yang terbesar di Asia. Bandara ini menggantikan Bandara Internasional Gimpo yang sekarang distatuskan sebagai bandara untuk penerbangan domestik.

    Berperan sebagai bandara penghubung untuk kawasan Asia Timur, terdapat lebih dari 70 maskapai penerbangan melayani penerbangan ke bandara ini.

    Sepuluh tahun terakhir, bandara ini mendatangkan wisatawan yang jumlahnya sangat menakjubkan. Bandara Internasional Incheon juga merupakan bandara yang sangat lapang dengan pencahayaan terang serta menyediakan fasilitas kamar tidur pribadi, internet gratis di semua area, lapangan golf, arena seluncuran es, bahkan fasilitas spa.

    Berdasarkan survei dari Global Traveller bandara yang resmi dibuka pada 29 Maret 2001 ini merupakan yang terbaik di dunia selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2006, 2007 dan 2008.

    3.Bandara Schiphol Amsterdam, Belanda


    Bernama resmi Amsterdam Airport Schiphol, ini adalah bandara yang menjadi pintu masuk ke benua Eropa. Bandara Schiphol juga merupakan bandara utama di Belanda yang terletak 9,1 kilometer di selatan kota Amsterdam, persisnya di wilayah Haarlemmermeer.

    Bandara Schiphol dibangun sebagai sebuah terminal besar yang kemudian dibagi menjadi tiga bagian, yang terakhir selesai pada 1994. Rencana untuk ekspansi selanjutnya juga sudah muncul. Bandara Schiphol merupakan pusat operasi KLM, Martinair, dan Transavia.

    Bandara Schiphol dibuka pada 1916 sebagai lapangan terbang militer, dan sekarang telah berubah menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia. Sambil menunggu keberangkatan, wisatawan bisa menikmati pijat dan bermain poker di tempat kasino.

    4.Bandara Internasional Hong Kong


    Bandar Udara Internasional Hong Kong atau Hong Kong International Airport (HKIA) memiliki nama domestik yakni Bandara Chek Lap Kok.

    Bandara ini terletak di Pulau Chek Lap Kok dan sejak dibuka pada tahun 1998, menjadi salah satu pusat transit yang penting di dunia karena posisinya yang strategis. Bandara ini memiliki kapasitas sebesar 87 juta penumpang dan 9 juta ton kargo per tahun.

    Bandara yang menjadi pusat operasi Cathay Pacific, Dragonair, Air Hong Kong, CR Airways, dan Hong Kong Express ini mendapatkan penghargaan sebagai bandara terbaik dari majalah Skytrax selama lima tahun berturut-turut (2001-2005).

    Bandara ini menawarkan banyak kesempatan untuk bersantai, bermain golf, fine-dining, 4-D film teater, serta Wi-Fi. Bandara ini juga dianggap salah satu bandara yang paling dapat diakses dengan mudah.

    Bandara Internasional Hong Kong dibuka pada 6 Juli 1998 dengan desain dari arsitek Foster and Partners serta memakan waktu 6 tahun dengan biaya sekitar US$20 miliar.

    5.Bandara Internasional Beijing, China


    Memiliki nama resmi Beijing Capital International Airport, bandara yang dibuka pada 2 Maret 1958 ini merupakan bandara tersibuk di dunia. Bandara ini rata-rata melayani sekitar 70 juta penumpang per tahunnya.

    Berlokasi di Distrik Chaoyang, 32 kilometer timur laut dari pusat kota Beijing, China, bandara ini dimiliki dan dioperasikan oleh Beijing Capital International Airport Company Limited, sebuah perusahaan yang dikontrol oleh pemerintah.

    Bandara ini juga menjadi pusat operasi Air China, maskapai penerbangan nasional di Republik Rakyat Cina, yang terbang ke sekitar 120 tujuan (tidak termasuk kargo) dari Beijing.

    Hainan Airlines dan China Southern Airlines juga menggunakan bandara ini sebagai hub mereka.
    Saat ini, Bandara Internasional Beijing memiliki tiga terminal, Terminal 1 melayani penerbangan domestik, sedangkan Terminal 2 dan 3 melayani penerbangan internasional.

    6.Bandara Munich, Jerman


    Bandara yang oleh warga lokal disebut sebagai Flughafen Muenchen ini adalah sebuah bandar udara internasional yang terletak 28,5 kilometer sebelah timur laut Kota Munich.

    Penumpang dapat menikmati keindahan terminal bandara ini mulai sejak masuk gerbang. Bandara ini dibangun dalam lansekap kota. Banyak dinding dan langit-langit terbuat dari kaca, sehingga bandara terasa besar.

    Bandara ini merupakan bandara tersibuk kedua di Jerman dalam hal lalu lintas penumpang (38,3 juta penumpang di tahun 2012) setelah Bandara Internasional Frankfurt.

    Selayaknya seperti pusat perbelanjaan, bandara ini bukan hanya sekedar menyediakan resto atau toko, tapi juga menyediakan fasilitas sauna guna menghilangkan kebosanan bagi penumpang yang jadwal keberangkatannya masih lama atau tertunda.

    Pada terminal 1 suasana tampak segar dan sangat terorganisir, serta tersedia tempat untuk kita meminum teh atau kopi secara gratis tanpa embel-embel apapun.

    7.Bandara Internasional Zurich, Swiss


    Terletak 13 kilometer utara dari pusat Kota Zurich, bandara ini memiliki layanan porter di mana Anda membayar, dan porter akan membawa barang Anda hingga tujuan akhir.

    Bandara Internasional Zurich juga menyediakan jalur-jalur yang menghubungkan dengan terminal kereta cepat ini. Bandara ini memiliki ruangan sangat bersih serta pelayanan yang sangat memuaskan. Tersedia juga ruang khusus sebagai tempat bermain untuk anak-anak.

    Bandara Internasional Zurich merupakan bandara terbesar di Swiss dan menjadi hub utama dari maskapai penerbangan Swiss International Air Lines. Bandara yang memiliki tiga terminal dan tiga landasan pacu melayani rata-rata 13 juta penumpang per tahun.

    8.Bandara Internasional Vancouver, Kanada


    Mempunyai nama resmi Vancouver International Airport, bandara ini terletak di Sea Island, di Richmond, British Columbia, Kanada atau sekitar 12 kilometer dari pusat kota Vancouver.

    Bandara Internasional Vancouver adalah bandara tersibuk kedua di Kanada setelah Bandara Internasional Pearson Toronto dengan penerbangan non-stop setiap hari ke Asia, Eropa, Oceania, Amerika Serikat, Meksiko, dan bandara lainnya di Kanada.

    Bandara ini sukses mendapatkan penghargaan dari Skytrax sebagai bandar udara terbaik di wilayah Amerika Utara empat kali berturut-turut yakni mulai tahun 2010 hingga 2013.

    9.Bandara Internasional Tokyo, Jepang


    Bandara yang lebih populer dengan sebutan Bandara Haneda adalah salah satu dari dua bandara yang ada di Tokyo. Nama Bandara Haneda lebih populer dibandingkan Bandara Internasional Tokyo. Untuk membedakannya dari Bandara Internasional Narita yang pernah dinamakan `Bandara Internasional New Tokyo (New Tokyo International Airport) hingga 2004.

    Bandara Haneda menangani hampir semua penerbangan dari dan ke Tokyo, sementara Bandar Udara Internasional Narita menangani sebagian besar penerbangan internasional. Pada tahun 2010, terminal internasional dibuka di Haneda bersamaan dengan selesainya pembangunan landas pacu keempat. Pembukaan terminal internasional di Haneda memungkinkan peningkatan frekuensi penerbangan internasional secara drastis ke Haneda.

    Bandara Haneda menangani 64.211.074 penumpang pada 2010. Berdasarkan total lewatan penumpang, Haneda adalah bandara tersibuk nomor dua di Asia sekaligus bandara tersibuk nomor lima di dunia.

    Bandara Haneda adalah basis utama dua maskapai penerbangan domestik Jepang, yakni Japan Airlines (Terminal 1) dan All Nippon Airways (Terminal 2), ditambah maskapai penerbangan bertarif rendah seperti Hokkaido International Airlines, Skymark Airlines, Skynet Asia Airways, dan StarFlyer.

    ForbesTraveller.com pernah menulis bahwa Bandara Haneda merupakan bandara paling tepat waktu di dunia dengan catatan 94,3% dari penerbangan berangkat tepat waktu dan 88,6% penerbangan tiba tepat waktu.

    10.Bandara Internasional London Heathrow, Inggris


    Bandar Udara Internasional London Heathrow adalah bandara utama yang melayani kota London, Inggris Raya dan merupakan bandara tersibuk di negara tersebut. Heathrow juga merupakan bandara tersibuk ke-5 di dunia. Bandara ini terletak 23 kilometer dari pusat kota London.

    Pembangunan Bandara Heathrow dimulai pada 1930-an dengan nama Great Western Aerodrome. Bangunan awal tersebut kira-kira terletak di Terminal 3 sekarang dan pada saat itu belum ada penerbangan komersial karena bandara utama di London saat itu adalah Bandara Croydon.

    Pada 31 Mei 1946, Heathrow dibuka untuk penerbangan sipil. Saat ini, bandara utama di Inggris ini memiliki lima terminal dan menjadi markas utama dari maskapai penerbangan British Airways.

    Wah, mudah-mudahan untuk versi 2014-nya bandara kuala namu masuk ya gan.. hahaha

    Info terkait:

    • meme pemadam kebakaran
    • cara membuat menara eiffel dari karet gelang
    • contoh pengumuman di bandara
    • contoh pengumuman di bandara dalam bahasa indonesia
    • contoh pengumuman di bandara dalam bahasa inggris dan artinya
    • caption di bandara
    • gambar kartun di bandara
    • CARA MENGGAMBAR TERMINAL
    • caption tentang bandara
    • contoh pengumuman di pesawat dalam bahasa inggris

    One thought on “TOP 10 bandara internasional TERBAIK di dunia tahun 2013!!

    Leave a Reply