TOP 10 cara pemakaman paling ANEH di dunia!!

  • admin
  • 10/02/2014
  • Banyak orang berkelakar jika rumah masa depan bagi tubuh manusia adalah pemakaman. Ya, itu memang benar. Karena setelah meninggal, siapapun itu manusia akan bersemayam kembali di tanah dalam sebuah pemakaman.

    Tapi tahukah kamu kalau rupanya di dunia ini ada saja bentuk pemakaman yang unik. Entah dibangun di dalam air, atau hanya digantungkan saja. Yang jelas pemakaman-pemakaman unik itu akan semakin dikenang oleh mereka yang ditinggalkan.

    Meski terdengar tak masuk akal, bentuk pemakaman-pemakaman itu memang benar adanya dan nyata di dunia ini. Masih tak percaya? Hmm, coba kamu intip pemakaman berikut ini yang unik. Tertarik untuk meniru?

    1. Makam Dasar Laut – Amerika Serikat

    The Neptune Memorial Reef juga dikenal sebagai The Atlantis Memorial Reef adalah makam bawah laut yang dibuat manusia. Pemakaman ini memiliki luas 56.000 m. Awalnya dibangun untuk 850 jenazah, yang kini mampu menampung lebih dari 125 ribu jenazah. Cara pemakaman di sini adalah jenazah dikremasi lalu kemudian dimakamankan di dasar laut.

    2. Makam di Lemari Besi – Bolivia

    Di Bolivia ada pemakaman umum Sucre. Di mana keluarga yang meninggal menyewa lemari besi untuk tempat jenazah keluarga mereka dan membayar USD 10 ribu (Rp 97,1 juta) untuk tujuh tahun. Setelah itu jenazah akan dipindah ke dalam tanah selama 20 tahun dan kemudian dihilangkan begitu saja. Lantaran harga yang mahal, ada beberapa orang yang memasukkan dua mayat dalam satu lemari besi.

    3. Makam Dengan Lukisan Nisan – Rumania

    Awalnya pemakaman ini bernama Cimitirul Vesel yang berarti Pemakaman Merry. Pada pertengahan tahun 1930-an, seorang seniman lokal Stan loan Patras membuat batu nisan berwarna-warni yang memang menjadi keahliaannya melukis. Patras menggambar dalam batu nisan mengenai adegan-adegan terakhir seseorang menjelang kematiannya. Dan itu rupanya terjadi sampai saat ini.

    4. Kota Kematian – Ossetia Utara

    Bangunan gereja-gereja Kristen, lahan pertanian yang membentang sampai pemakaman kuno yang terjajar megah membuat Kota Kematian ini menarik perhatian wisatawan untuk menuju Rusia. Di tempat ada ada sekitar 100 makam kuno yang berisi jenazah orang-orang beserta barang mereka. Sehingga di lereng-lereng lembah memang dipenuhi oleh jenazah kuno.

    5. Makam Kuno Newgrange – Irlandia

    Newgrange yang terletak di County Meath, Irlandia dibangun lebih dari 5.000 tahun lalu (sekitar 3.200 SM) yang membuatnya lebih tua daripada Stonehenge di Inggris atau Piramida Giza di Mesir. Makam megalitikum ini meliputi area seluas lebih dari 1 hektar. Diperkirakan bahwa pemakaman kuno ini menggunakan 300 budak pekerja yang diselesaikan dalma waktu 20 tahun. Sungguh peninggalan budaya jaman lampau.

    6. Makam Kuno di Gurun – China

    Di tengah gurun pasir menakutkan di kawasan Tibet, seorang arkeolog China menemukan hal luar biasa. Di mana makam itu menyimpan jenazah orang meninggal hampir 4.000 tahun lalu namun tubuhnya terjaga baik lantaran udara gurun yang kering. Jasad itu dimakamkan di perahu yang terbalik dengan batu nisan berdiri yang diduga sang korban meminta ampun kepada dewa di akhirat.

    7. Wadi-us-Salaam – Irak

    Wadi-us-Salaam (Lembah Kedamaian) adalah pemakaman Islam terbesar dan menjadi salah satu area pemakaman terbesar di dunia. Terletak di kota Najaf, Irak, pemakaman ini menjadi rumah terakhir banyak utusan agama Islam serta dekat dengan Makam Suci Imam Ali bin Abi Thalib. Dengan luas sekitar 6 km, makam ini menampung sekitar 5 juta jenazah. Sungguh luar biasa.

    8. Desa Adat Trunyan Bali – Indonesia

    Desa adat Trunyan terletak di sebuah pulau di tengah Danau Batur, Kintamani-Bali. Ritual pemakaman di sini unik yakni jenazah diletakkan begitu saja di atas batu besar. Jika meninggal secara wajar, jenazah akan ditutupi kain putih dan diletakkan tanpa dikubur di bawah pohon besar bernama Taru Menyan. Namun jika kematian tak wajar, dimakaman di lokasi bernama Sema Bantas. Meski diletakkan begitu saja, mayat-mayat di sini tidak akan bau busuk lantaran efek dari phon Taru Menyan yang bisa menetralisir bau busuk.

    9. Makam Gantung – Filipina

    Sekitar 6 jam menggunakan bis dari ibukota Banaue, pulau Luzon, utara Manila ada penduduk Sagada yang memiliki ritual pemakaman unik. Di mana jenazah diletakkan di peti mati yang digantung. Jenazah tersebut dimasukkan ke peti mati dan digantung di tebing yang bergabung dengan peti mati para leluhur lainnya. Ritual ini sudah berlangsung selama lebih dari 2.000 tahun.

    10. Makam Wanita Single – Inggris

    Pemakaman Cross Bones adalah pemakaman tak biasa yang terletak di Inggris. Awalnya kuburan ini diperuntukkan untuk para wanita lajang yang merupakan sindiran bagi mereka pelacur di Inggris. Tapi semenjak tahun 1769, pemakaman ini menjadi area kuburan bagi orang miskin dan dilaporkan sudah lebih dari 15.000 jenazah dimakaman di sana.

    Info terkait:

    • Yel yel sindiran
    • randudongkal tempo dulu
    • cara membuat miniatur rumah adat dari korek api
    • grafiti tulisan nisa
    • kata kata hinaan untuk arema
    • grafiti nisa
    • gambar randudongkal tempo dulu
    • kata kata sindiran buat pejabat negara
    • grafiti sindiran
    • nama stan yang unik

    Leave a Reply