TOP 10 fakta UNIK tentang ISLANDIA!!

  • admin
  • 29/11/2016
  • Islandia (bahasa Islandia: sland) atau disebut juga Tanah Es adalah sebuah negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik, yang terdiri dari Pulau Islandia dan beberapa pulau kecil disekitarnya. Islandia terletak 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia.

    Orang pertama yang tinggal di Islandia adalah para pendeta Irlandia yang datang pada awal abad ke-9. Pada pertengahan abad ke-9, bangsa Viking bermigrasi dan tinggal di Islandia. Viking pertama yang tinggal di Islandia adalah Flki Vilgerarson. Dialah yang memberi Islandia nama seperti sekarang. Inglfur Arnarson, seorang kepala suku dari Norwegia, tinggal dan menetap di barat daya Islandia dan mendirikan kota Reykjavik.

    Sekitar tahun 930-an, para penguasa Islandia mulai menulis konstitusi negara mereka. Mereka membuat apa yang dinamakan Althing, sejenis parlemen yang berkantor pusat di kota ingvellir. Islandia dapat dikatakan sebagai negara bersistem demokrasi tertua yang masih bertahan sampai sekarang.

    Pada tahun 985, Erik si Merah diasingkan dari Islandia karena telah membunuh seseorang. Dia lalu berlayar ke barat dan menemukan Greenland. Anak Erik, Leif Erikson, menemukan Amerika pada tahun 1000 dan menamakannya Vinland. Perjalanan Erik, Leif, dan pengikutnya dikisahkan dalam sebuah saga.

    Pada tahun 1262, Islandia menjadi bagian dari Norwegia hingga pada tahun 1814 Islandia menjadi bagian dari Denmark. Pada akhir abad ke-19, banyak penduduk Islandia yang ingin memerdekakan dari Denmark. Pada tahun 1918, Islandia mendapatkan kedaulatannya, tetapi raja Denmark masih didaulat menjadi raja Islandia.

    Ketika Jerman menduduki Denmark pada tanggal 9 April 1940, Althing memutuskan bahwa Islandia adalah milik rakyat Islandia. Akan tetapi, mereka masih belum mendeklarasikan kemerdekaan pada saat itu. Tentara Inggris dan menyusul kemudian Amerika Serikat berinisiatif untuk menduduki Islandia supaya tidak diserang Jerman. Pada tahun 1944, Islandia akhirnya mendeklarasikan kemerdekaannya.

    Setalah Perang Dunia II, Islandia menjadi anggota NATO, tetapi tidak menjadi anggota Uni Eropa. Antara tahun 1958 hingga 1976, terjadi tiga kali selisih paham antara Islandia dengan Inggris tentang siapa yang berhak mengambil ikan kod dari perairan di sekitar Islandia. Peperangan tersebut disebut Perang Kod. Tidak ada korban dalam perang tersebut. Pada tahun 1980, Vigds Finnbogadttir terpilih menjadi presiden. Dia merupakan presiden wanita pertama di Islandia.

    1. Tidak Ada Militer, AL atau AU

    Islandia tidak memiliki militer, angkatan udara maupun angkatan laut. Penjaga pantai yang bertanggung jawab atas keamanan dan penegakan hukum. Walau demikian, Islandia adalah anggota NATO dan berpartisipasi dalam inisiatif perdamaian.

    2. Peri

    Sebagai besar warga Islandia percaya akan adanya peri. Dan peri-peri ini biasanya tinggal di daerah bebatuan, punya kekuatan magis, dan akan marah jika tempat tinggalnya dirusak. Ada beberapa kasus yang melaporkan buldoser tidak berfungsi saat mencoba bekerja di lokasi yang diduga adalah tempat bermukim para peri.

    3. Energi Vulkanik

    Islandia dikenal dengan aktivitas gunung berapinya. Dan ini dimanfaatkan oleh negara tersebut. Sekitar 85 persen energi di Islandia berasal dari sumber terbarukan dan lebih dari setengahnya adalah energi panas bumi (geothermal).

    4. Golf Tengah Malam

    Di bulan Juni dan Juli, ada hari-hari di Islandia dimana matahari bersinar 24 jam. Pada hari-hari tersebut, hal yang khas di Islandia adalah bermain golf saat tengah malam.

    5. Bayi Tidur Sendirian di Luar

    Jangan kaget jika saat berkunjung ke Islandia, Anda melihat di depan kafe-kafe ada banyak bayi di dalam kereta bayi yang ditinggalkan sendirian. Ibu mereka kemungkinan sedang berkumpul di dalam kafe dan mengawasi bayinya lewat jendela. Ini biasa dilakukan di Islandia, agar bayi tidak terganggu suara bising dalam kafe. Negara ini juga sangat aman, sehingga orang tua tidak perlu khawatir.

    6. Jhanna Sigurardttir

    1 Februari 2009 ia menjadi perdana menteri perempuan pertama Islandia dan kepala pemerintah pertama di dunia yang secara terbuka menyatakan dirinya sebagai lesbian. Tahun 2010, Islandia meresmikan hukum kesetaraan pernikahan. Jhanna dan pasangannya, Jonina Leosdttir, menjadi salah satu pasangan gay Islandia pertama yang menikah secara resmi.

    7. Bola Tangan

    Bukan sepak bola, melainkan bola tangan yang bisa dibilang adalah olahraga bangsa Islandia. Setiap orang di Islandia mengenal nama para pemain timnas. Pada Olimpiade 2008 di Beijing, timnas bola tangan pria Islandia memenangkan medali perak. Islandia adalah negara terkecil yang pernah meraih medali untuk olahraga beregu.

    8. Jantung Burung Mentah

    Puffin adalah burung laut pelagis kecil dengan bulu hitam dan putih. Paruhnya berwarna unik. Wujud burung ini sangat lucu. Tapi di Islandia, daging burung puffin menjadi diolah menjadi masakan khas. Bahkan jantungnya disantap secara mentah-mentah dan dianggap sebagai makanan istimewa.

    9. Tidak Ada Nama Keluarga

    Mayoritas warga Islandia memiliki nama belakang yang terdiri dari nama ayah atau ibu dengan tambahan -dottir (-anak perempuan) atau -son (-anak laki-laki). Misalnya, nama depan ayah `Gunnar`, maka nama belakang anaknya `Gunnarson` atau `Gunnardottir`. Di buku telepon urutan yang dicantumkan juga berdasarkan nama depan, bukan nama belakang.

    Sebagai contoh, Jn Stefnsson mempunyai anak lelaki bernama Gunnar. Nama akhir Gunnar bukanlah Stefnsson seperti bapaknya, melainkan Gunnar Jnsson yang berarti Gunnar, anak laki-laki dari Jn. Hal yang sama berlaku bagi wanita. Apabila Jn Stefnsson mempunyai anak perempuan yang bernama Katrn, maka nama belakangnya bukanlah Stefnsson, melainkan Jnsdttir. Dalam hal ini, namanya berarti Katrn, anak perempuan dari Jn.

    10. Coca Cola

    Minuman soda ini memang digemari di seluruh dunia. Dan Islandia merupakan salah satu negara dengan tingkat konsumsi Coca Cola per kapita tertinggi di dunia.

    Info terkait:

    • cara membuat replika kereta dari bambu
    • cara membuat sayap yang bisa hisup
    • truk kayu miniatur