TOP 10 jajanan tradisional INDONESIA yang wajib anda coba!!

  • admin
  • 26/10/2014
  • 1.Klepon

    Sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk dalam kelompok jajanan pasar. Anda tentu sering menjumpai panganan tradisional ini di pasar-pasar tradisional atau bahkan restoran berbintang. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah. Warna hijau pada klepon biasanya didapatkan dari campuran air daun suji atau pewarna makanan.

    2.Onde-Onde

    Jajanan pasar yang berisi olahan kacang hijau yang manis. Selain populer, kue Onde-onde sangat terkenal di daerah Mojokerto. Bahkan, kota ini dijuluki sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit. Anda dapat menemukan jajanan lezat ini di pasar-pasar tradisional atau di pusat oleh-oleh. Anda juga bisa membeli onde-onde aneka isi yang kaya rasa.

    3.Cenil

    Suka cenil? Cenil memiliki rasa yang unik dengan tekstur yang kenyal. Jajanan pasar ini terbuat dari tepung kanji, air, dan garam. Untuk penyajian, Anda bisa menambahkan parutan kelapa. Anda juga bisa mempercantik tampilan cenil Anda dengan memberikan pewarna makanan.
    Hmmm… Yummy!

    4.Kue Lapis

    Makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna makanan. Kue ini disusun dengan pola warna yang berbeda-beda. Kadang Anda menemukan kue lapis dengan susunan dua warna atau bahkan lebih. Maka dari itu, kue legit ini diberi nama kue lapis.

    5.Getuk

    Kata getuk berasal dari bahasa Jawa gethuk. Singkong merupakan bahan utama pembuat getuk. Anda bisa menikmati kelezatan getuk dengan menambahkan parutan kelapa di atasnya. Makanan ini biasanya mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pernah mencoba getuk goreng? Ini adalah oleh-oleh khas Sukoraja, Banyumas.

    6.Lemper

    Sejenis jajanan pasar yang terbuat dari ketan dan biasanya berisi abon atau suwiran daging ayam. Kini kita lebih sering menemukan lemper yang dibungkus plastik daripada daun pisang. Sebaiknya Anda memilih lemper yang dibungkus daun pisang, karena rasanya pasti lebih legit dan tidak terkontaminasi zat kimia dari plastik.

    7.Combro

    Makanan rakyat yang terbilang sangat nikmat. Jajanan ini merupakan panganan khas Jawa Barat yang terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom.
    Wuih…lezatnya! Combro lebih nikmat jika disajikan hangat-hangat.

    8.Ongol-Ongol

    Salah satu makanan ringan tradisional Indonesia. Ongol-ongol terbuat dari tepung sagu aren kering, air, gula jawa, daun pandan, kelapa, dan garam. Makanan ini bertekstur kenyal dan memiliki cita rasa yang legit dan gurih.

    9.Otak-Otak

    Makanan yang berbahan dasar olahan ikan yang dibumbui, terutama ikan tenggiri. Otak-otak bisa Anda jumpai di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri otak-otak sering kita temukan di beberapa daerah di sekitar pantai utara Jawa. Anda bisa makan otak-otak sebagai camilan atau ditemani dengan nasi.

    10.Nagasari

    Kue yang dibalut pisang ini memang memiliki cita rasa yang gurih. Nagasari merupakan jajanan pasar yang sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional. Ini merupakan sejenis kue yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang.

    Indonesia memiliki banyak kuliner tradisional yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Ini hanyalah representasi kecil dari ribuan jajanan tradisional nusantara. Makanan tradisional itu tidak kalah nikmat dari makanan luar negeri lho. Mari lestarikan kuliner khas Indonesia!

    Info terkait:

    • teks deskripsi bahasa jawa tentang makanan tradisional
    • percakapan bahasa sunda 3 orang tentang pendidikan
    • contoh deskripsi bahasa jawa tentang makanan
    • cara membuat lukisan dari pelepah pisang sederhana
    • sketsa pasar tradisional
    • menggambar pasar tradisional
    • contoh teks deskripsi bahasa jawa tentang makanan tradisional
    • teks deskripsi bahasa jawa panganan tradisional
    • paguneman tentang kadaharan sunda
    • tema makrab yang unik

    Leave a Reply