TOP 10 jenis bunga dan tanaman yang UNIK!!

  • admin
  • 12/09/2016
  • Bunga dan tanaman adalah salah satu yang terindah dan menarik yang dapat dijumpai di bumi. Terkadang kita dapat menemukan kebahagiaan dan perasaan damai ketika berada di hutan berdiri diantara tanaman-tanaman dan bunga serta ketinggian pohon-pohon di sekitar kita.

    Namun tanaman bukan hanya berfungsi sebagai keindahan saja, mereka berkontribusi terhadap oksigen yang kita hirup sementara kita memberikan mereka karbon dioksida yang dibutuhkan untuk melakukan proses fotosintensis.

    10. Aloe Plant ( Lidah Buaya )

    Lidah buaya adalah tanaman praktis yang sangat mudah ditanam, mereka hanya membutuhkan sedikit saja perhatian dari kita. Tanaman ini memiliki berbagai manfaat yang dapat kita gunakan diantaranya adalah dapat menyembuhkan luka bakar selain sebagai bahan baku kosmetik.

    Manusia telah lama sekali mengetahui khasiat dari lidah buaya untuk menyembuhkan luka bakar yang didapat dan diambil dari getah atau cairan dari tanaman ini.

    9. Amorphophallus ( Misshapen Penis Plant )

    Seperti layaknya jenis tumbuhan carnivora lainnya, spesies bunga ini juga memiliki bentuk yang memanjang atau oval melebar. Bunga tanaman ini dapat memiliki warna yang berbeda-beda namun yang umum adalah kecoklatan ungu atau keputih-putihan dengan warna sedikit warna hijau.

    Dibagian dalamnya mengandung perangkap untuk menangkap serangga. Tak heran apabila tanaman ini sering diinformasikan berbau tak sedap seperti ikan yang telah membusuk.

    8. Nepenthes ( Pitcher Plant )

    Tanaman ini adalah termasuk jenis tanaman carnivora yang menangkap mangsanya, serangga-serangga yang tak beruntung memasuki perangkap berongga yang dalam dan berisi cairan. Hewan atau serangga yang memasuki perangkapnya ini nyaris mustahil untuk dapat keluar hidup-hidup.

    7. Rafflesia Arnoldii

    Bunga asli dari Indonesia memiliki berbagai keanehan dan keunikan lainnya sebagai bunga dan tanaman. Walau secara teknis masuk dalam kingdom tanaman, Rafflesia arnoldi yang di Indonesia disebut sebagai bunga bangkai tidak memiliki klorofil seperti jenis tanaman-tanaman lainnya sehingga mereka praktis tidak bisa berfotosintesis.

    Sesuai namanya, bunga bangkai maka tak heran bunga ini menyebarkan semerbak bau busuk dan merupakan salah satu tanaman carnivora lainnya yang ada di bumi.

    6. Dracunculus Vulgaris ( Dragon atau Voodoo Lily )

    Bau busuk yang menyebar dari bunga tanaman ini yang sedang mekar, memancing datangnya lalat atau serangga pecinta bau busuk untuk melakukan tugasnya sebagai penyerbuk utama. Namun bau busuknya yang luar biasa itu agaknya perlu mendapat perhatian anda sebelum memilih tanaman ini sebagai hiasan di rumah anda

    Untungnya bau tersebut menghilang setelah hari pertama mekar, yang memungkinkan anda untuk menikmati keindahan dan eksotisnya bunga tanaman ini. Bunganya berukuran sekitar 10-12 inchi dan berwarna merah marun hingga kehitaman dan akan mekar selama 7 hingga 10 hari.

    5. Sundew

    Sundew dapat ditemukan hampir di seluruh dunia, dan adalah tanaman carnivora yang unik karena menggunakan nektarnya untuk memancing mangsanya. Sekali serangga terjebak, sulur akan menutup dan memerangkap korbannya serta mulai melepaskan enzim untuk proses pencernaan.

    4. Hydnora Africana

    Satu-satunya bagian tumbuhan ini yang muncul diatas permukaan tanah adalah bunganya dan itu pun hanya bagian atasnya saja atau pucuknya. Sebagian besar dari tanaman ini justru berada di bawah tanah.

    Bunganya memiliki tiga bukaan, salah satunya seperti yang terlihat pada gambar diatas. Tanaman ini adalah jenis tanaman parasit yang menumpang pada tanaman lainnya serta memiliki bau yang cukup menyengat.

    3. Welwitschia Mirabilis

    Welwitschia dewasa terdiri dari dua daun, dasar batang dan akar, yahanya itu saja. Dua buah daunnya ini sungguh unik dalam kingdom tanaman. Ketika dewasa tanaman ini berbentuk kasar, besar dan seolah terbaring di tanah dengan keadaan tercabik-cabik. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 500 mm.

    2. Venus Fly Trap

    Lagi tanaman carnivora berada dalam daftar yaitu Venus si penangkap lalat. Venus menggunakan daunnya sebagai perangkap yang awalnya terbuka lebar menunggu mangsa yang sedang sial memasuki perangkap aneh mereka ini.

    Ketika sesuatu atau serangga memasuki perangkap dan memicu rambut-rambut yang ada disekitar daun, kedua daunnya akan menutup rapat hingga apapun yang ada didalamnya tidak dapat lagi meloloskan diri. Tertutupnya daun ini sangat cepat bahkan hanya kurang dari satu detik.

    1.Titan Arum ( Bunga Bangkai )

    Kembali bunga yang berasal dari Indonesia masuk dalam daftar 10 besar bunga yang unik ini. Titan Arum adalah bunga yang sangat unik dan memiliki tinggi yang bahkan bisa melebihi orang dewasa. Bunga ini menyebarkan bau busuk menyerupai bunga Rafflesia Arnoldii dan tak mengherankan memang karena mereka satu keluarga.

    Bunga ini juga memegang rekor hingga kini sebagai bunga terbesar di dunia.

    Sayangnya Titan Arum seperti halnya Rafflesia Arnoldii sudah mulai terancam kepunahan dan sudah sangat jarang dijumpai di alam liar.

    Info terkait:

    • caption untuk arum jeram
    • bacaan yg keren buat sablon topi
    • cara membuat origami bunga raflesia
    • caption tentang arung jeram
    • foto sepeda hiaa
    • kata kata mutiara untuk di kamar
    • kata mutiara untuk kamar
    • membuat bunga reflesia dengan kertas origami
    • tanaman berbentuk bacaan