TOP 10 kegiatan untuk mengisi liburan AKHIR TAHUN!!

  • admin
  • 07/12/2015
  • Tidak terasa sudah di akhir tahun 2015 saja dan liburan pun tiba. Bulan Desember akan segera berganti menjadi bulan Januari, dan itu artinya tahun baru. Bagi yang masih bersekolah atau kuliah, bulan Desember adalah bulannya Ujian Akhir Semester untuk periode semester ganjil. Setelah UAS selesai, maka tibalah hasil belajar selama ini keluar dalam bentuk rapot atau KHS (Kartu Hasil Studi), yang segera disusul oleh liburan selama kurang lebih 1 atau 2 minggu.

    Bagi sebagian orang ketika ditanya apa yang akan dilakukan ketika liburan maka mereka menjawab tidur atau nonton dvd. Padahal selain tidur dan nonton dvd ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama liburan akhir tahun ini.

    Berikut adalah 10 ide kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan akhir tahun.

    1. Pulang Kampung

    Bagi orang-orang rantau, liburan tentu sangat dinantikan. Apalagi liburannya lebih dari 1 minggu, tentu akan sangat menyenangkan sekali. Liburan akhir tahun dapat dimanfaatkan dengan pulang kampung untuk bertemu orang tua dan kerabat dekat guna melepas rindu. Selain melepas rindu, bagi para anak kos, pulang kampung adalah kesempatan untuk memperbaiki gizi karena biasanya untuk menghemat uang bulanan mereka terpaksa makan mie dan mie lagi. Manfaatkanlah kesempatan pulang kampung ini sebaik-baiknya dengan banyak mengobrol dan bercengkrama bersama orang tua dan kerabat, niscaya hubungan kekeluargaan akan semakin hangat dan erat.

    2. Mengunjungi Teman Lama dan Kerabat

    Seiring pergantian sekolah atau tempat tinggal, biasanya kita bertemu teman baru dan sedikit melupakan teman lama atau malah terputus komunikasi. Padahal semakin banyak teman maka akan semakin banyak pula kesempatan hidup yang muncul seperti rezeki pekerjaan atau jodoh. Semakin banyak teman baik, maka akan banyak pula peluang yang menolong kita di saat susah.

    Oleh sebab itu, ada baiknya di masa liburan kita mulai menghubungi kembali teman-teman lama kita dan memulai silaturrahim kembali. Jika sungkan terhadap keluarg sang teman, kita dapat mengatur pertemuan di luar rumah seperti mall atau restoran. Tapi jika kita ingin lebih irit dan personal, kita dapat langsung mengunjungi sang teman di tempat tinggalnya sekalian berkenalan dengan keluarga besarnya.

    3. Menata Ulang Kamar Tidur

    Kamar tidur merupakan tempat yang seharusnya paling nyaman bagi seseorang. Kamar tidak hanya menjadi ruangan yang fungsinya untuk menghabiskan waktu tidur saja, tapi seringkali juga untuk belajar dan refleksi diri. Bahkan ada yang menyatakan bahwa kamar tidur berpengaruh terhadap kecerdasan anak. Untuk itu kamar harus dikondisikan senyaman dan sepositif mungkin.

    Agar menjadi lebih nyaman dan positif, syarat utamanya adalah kamar harus selalu bersih, rapi dan tertata baik. Bagi yang memiliki alergi, segera basmi jamur dan tungau dengan rajin membersihkan kasur dan sudut-sudut kamar serta menjaga kelembapannya. Agar tidak terkena pancaran medan frekuensi elektronik, kurangi barang-barang elektronik di dalam kamar. Dan berilah hiasan dengan barang-barang yang dapat memotivasi hidup dan meningkatkan kepercayaan diri. Ubahlah tata letak tempat tidur, meja belajar, atau lemari untuk mendapatkan suasana berbeda, bila perlu mengganti cat dengan warna yang cocok dengan kepribadian dan baik bagi psikis. Dengan menata ulang kamar, niscaya ketika selesai liburan kita akan merasa lebih segar dan bersemangat.

    4. Wisata Alam

    Wisata alam seperti pergi ke pegunungan, danau, air terjun, bahkan laut ternyata tidak hanya berfungsi untuk menyegarkan pikiran saja, tapi juga baik bagi perkembangan mental terutama bagi yang masih di masa perkembangan. Wisata alam memiliki manfaat antara lain untuk melatih komunikasi karena bertemu dengan banyak orang baru, lebih mengenal geografi suatu daerah, mendekatkan emosional antara kita dan rekan, belajar tanggung jawab, belajar bertahan hidup, mendapat pengalaman yang nyata, dan dapat menjauhkan diri dari pola hidup materialistis.

    5. Wisata Kuliner

    Banyak yang berpendapat bahwa wisata kuliner hanya menghabis-habiskan uang saja dan bisa membuat pelakunya menderita kegemukan atau kolesterol tinggi. Sebenarnya kita bisa saja berwisata kuliner tanpa merasa bersalah dengan cara mencari keterangan dan memilih dulu sebelum mengunjungi tempat makan tersebut.

    Pertama, pilihlah tempat makan yang pemiliknya lokal. Dengan demikian wisata kuliner kita sudah membantu perekonomian sesama warga Indonesia. Syukur-syukur apabila usaha meningkat, sang pemilik lokal ini dapat menambah cabang dan juga pegawai. Kedua, pilihlah makanan-makanan yang sekiranya kandungan kolesterol dan lemak jahatnya rendah. Seperti misalnya makanan yang terbuat dari tempe, kacang-kacangan, coklat murni, ikan salmon, bayam, margarin, alpukat, teh, mete, bawang putih, dsb. yang dimasak dengan khusus tanpa santan atau minyak jelantah.

    6. Wisata Sejarah

    Yang dimaksud dengan wisata sejarah misalnya mengunjungi museum, situs-situs kuno, atau peninggalan-peninggalan sejarah; intinya kita berwisata selain mengetahui lokasi juga dapat menggali informasi mengenai sejarah yang terjadi. Wisata sejarah identik dengan membosankan, padahal apabila kita mau berpikir lebih jauh, wisata ini dikategorikan wisata yang murah karena masuk ke dalam area yang dikelola oleh pemerintah biasanya hanya membayar tiket masuk yang berkisar antara 2500 rupiah hingga 10ribu rupiah saja. Cobalah untuk menikmatinya agar tidak merasa bosan.

    7. Menyalurkan Hobi Rumahan

    Hobi rumahan tidak sebatas nonton tv dan membaca buku saja, tapi banyak yang bisa kita lakukan di rumah misalnya merajut, menulis blog, melukis, menggambar, memahat, menjahit, menyulam, dsb. intinya apa pun yang bisa kita lakukan di rumah dan dapat membuat hati senang. Kita dapat memanfaatkan liburan ini untuk lebih fokus pada hobi kita dan menghasilkan karya yang terbaik. Siapa tahu karya yang kita hasilkan di hari ke depannya dapat menjadi sumber penghasilan.

    8. Memulai Usaha

    Di era serba online, siapa pun bisa memiliki usaha. Mulai dari menjual barang hingga menjual jasa. Semua dapat dilakukan tanpa kita harus memiliki kantor. Bagi yang ingin memiliki usaha dengan berjualan, kini banyak sekali situs online seperti Tokopedia, Elevenia, dsb. yang menawarkan tempat bagi kita yang ingin berjualan. Atau kita bisa memulai sendiri dengan membuka akun media sosial dan berjualan disana. Bagi yang ingin usaha dengan menawarkan jasa, situs-situs seperti Sribulancer dan Freelancer dapat menjadi ajang kita mencari pekerjaan.

    9. Merawat Tubuh

    Bagi yang merasa selama ini memiliki kegiatan yang banyak sekali hingga lupa merawat tubuh, maka inilah kesempatan kita untuk memanjakan tubuh kita. Bagi wanita merawat tubuh bisa dengan spa, creambath, facial, atau bahkan pergi ke gym atau klub yoga. Bagi pria, merawat tubuh bisa dengan pergi ke gym atau spa khusus pria. Pria dan wanita sama berhaknya untuk mendapatkan kenyamanan perawatan tubuh. Merawat tubuh juga tidak harus pergi keluar rumah. Olahraga di rumah dengan alat seadanya pun dapat dikategorikan merawat tubuh. Kita bisa mencari info di internet atau demo di youtube. Dengan merawat tubuh, kita akan merasa segar untuk memulai aktifitas kembali.

    10. Belajar Untuk Semester Selanjutnya

    Aktiflah berkegiatan di kampus atau sekolah agar memperoleh kenalan kakak kelas atau kakak tingkat yang baik. Tujuannya agar kita bisa menggali informasi kira-kira mata kuliah di semester berikutnya seperti apa, dan kita juga bisa meminjam catatan atau malah buku. Dengan demikian kita menjadi lebih siap dalam menghadapi semester berikutnya dan nilai maksimal pun akan bisa kita peroleh.

    Info terkait:

    • jenis jenis hiasan kantor
    • hiasan menulis
    • hiasan olahraga
    • nama untuk kelompok belajar yang menarik
    • menggambar air terjun 3d
    • Kata kata inggris yang biasa untuk hiasan
    • 10 k di kelas
    • hiasan melukis
    • hiasan kantor dan fungainya
    • obat rindu suasana kelas