TOP 10 mahakarya STEVE JOBS!!

  • admin
  • 06/11/2013
  • Steve Jobs mengguratkan karya di hati miliaran fans Apple di seluruh dunia. Dair banyak karya yang telah diciptakannya berikut 10 produk yang merupakan mahakarya sekaligus milestones dalam karir Jobs di jagat teknologi informasi dunia.

    1. Apple I (1976):


    Produk pertama Apple adalah komputer hobi dan buat para insinyur. Hanya diproduksi dalam jumlah sedikit. Steve Wozniak yang mendesain, sementara Jobs menangani pembiayaan dan marketingnya.

    2. Apple II (1977):


    Salah satu komputer personal sukses. Apple II memang didesain untuk produksi massal ketimbang hanya sekadar barang hobi untuk para insinyur atau penggemar. Wozniak masih menangani desain utamanya.

    3. Lisa (1983):


    Kunjungan Jobs ke tempat riset Xerox Corp di Palo Alto memberi inspirasi padanya. Dibuatlah komputer komersial pertama dengan antarmuka (user interface) atau tampilan yang kental dengan grafis (icons, windows, dan cursor yang dikontrol mouse). Implementasi ide itu jadi dasar interfaces komputer hingga sekarang. Sayangnya, Lisa terlalu mahal untuk meraih sukses komersial.

    4. Macintosh (1984):


    Seperti Lisa, Macintosh juga memiliki graphical user interface. Macintosh lebih murah dan cepat plus didukung kampanye iklan besar-besaran. Orang pun jadi sadar betapa bergunanya interface grafis untuk kepentingan desain. Kesadaran itulah yang membuat istilah desktop publishing kondang. Bersama dengan printer laser dua produk itu jadi andalan sales Apple mendominasi pasar desktop publishing.

    5. NeXT (1989):


    Setelah dipaksa keluar dari Apple, Jobs memulai perusahaan barunya yang merancang dan membangun komputer workstation yang powerful. Perusahaan itu selalu gagal menjual produk dalam jumlah besar. Namun, sejarahnya di bidang teknologi informasi sangat penting: web browser pertama dibuat di salah satu varian NeXT.

    Software itu hidup sebagai basis sistem operasi Macintosh dan iPhone saat ini.

    6. iMac (1998):


    Jobs kembali ke Apple pada 1996. Perusahaan itu tengah menderita karena hanya punya pangsa pasar yang demikian kecil.

    Perubahan radikal pada iMac adalah langkah pertama yang membalikkan keadaan. Desain seperti gelembung dari plastik biru dan di dalamnya terkandung monitor plus komputernya. Selain itu sangat mudah di-set up merupakan lambang imajinasi orang-orang di seluruh dunia yang terbuka matanya tentang internet dan mempertimbangkan home computer pertama mereka.

    7. iPod (2001):


    iPod bukan digital music player pertama dengan hard drive. Tapi, iPod adalah yang pertama mengantongi sukses besar di produk sekelasnya. Ekspansi Apple ke alat elektronik portabel mendapatkan atensi besar dari pencinta gadget di seluruh dunia. Kesuksesan iPod mengawali ide dan membuka jalan menuju iTunes music store dan iPhone.

    8. iTunes store (2003):


    Sebelum iTunes store berdiri, membeli musik digital adalah perilaku langka. Yang ada dan sangat populer adalah pembajakan.

    Toko online Apple itu mempermudah proses dan menyediakan tracks lengkap dari berbagai perusahaan rekaman besar dunia. iTunes store pun meluncur jadi retailer musik terbesar di US pada 2008.

    9. iPhone (2007):


    iPhone mengantarkan pengalaman Apple di dunia komputer dan membawanya ke dunia telekomunikasi terutama telepon. Pengalaman yang ingin dibagikan Apple: smartphone sangat mudah dimanfaatkan.

    Apple sekarang jadi perusahaan pembuat smartphone paling profit di seluruh dunia. Pengaruh iPhone-nya nyata ada di nyaris di seluruh produk smartphone di kolong langit ini.

    10. iPad (2010):


    Puluhan perusahaan, termasuk Apple, telah membuat komputer tablet sebelum iPad. Namun, tak ada yang beruntung dan menghebohkan jagat raya. iPad akhirnya membalikkan segala pakem. Sukses besar dan membuat kategori baru komputer sesuai dengan namanya.

    Info terkait:

    • 10 pemgalaman menyenangkan
    • 10 pengalaman yang menyenangkan
    • biografi steve jobs bahasa sunda
    • Yel-yel lagu pencinta Alam

    Leave a Reply