TOP 10 tips merintis jualan ONLINE

  • admin
  • 22/11/2014
  • Bisnis online sekarang adalah tren yang sedang sangat menjamur. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia bisnis online semakin digemari tiap lapis masyarakat. Kemudahan proses dan fleksibilitas membuatnya menjadi pilihan dari mereka yang terjun ke dalamnya.

    Banyaknya orang yang ingin ikut berpartisipasi inilah yang membuat persaingan semakin ketat. Supaya bisa sukses dalam berjualan online, ada tips-tips khusus. Untuk itu Anda wajib melaksanakan 10 tips berjualan online berikut ini:

    1. Pastikan Produk Anda Tepat

    Tidak semua produk bisa untuk dibuat bisnis online, misalnya saja peralatan berat yang membutuhkan biaya besar untuk pengiriman, belum lagi jaminan keutuhan barang selama prosesnya. Dengan demikian, Anda harus mempertimbangkan betul apakah produk Anda tepat bagi jenis bisnis ini. Namun bila Anda tetap ingin membuat website tentang usaha Anda, jadikan sebagai media pemasaran saja dan kustomer bisa melakukan transaksi secara langsung di lokasi Anda berada.

    2. Deskripsikan Barang Anda Secara Lengkap

    Sebelum membeli, calon pembeli akan mencari tahu tentang produk yang dijual. Jadi Anda harus mendeskripsikan barang secara lengkap beserta dengan ukuran, hingga mereka tidak perlu lagi bertanya. Ini juga berguna apabila ada komplain tentang barang yang tidak sesuai harapan kustomer, Anda sudah memiliki bukti di dalam webstore Anda.

    3. Integrasikan Webstore ke Sosial Media

    Sosial media kini adalah tempat yang paling banyak dikunjungi orang, entah untuk mengecek status teman-teman, chatting, atau mencari info. Sosial media juga sudah bisa digunakan untuk mengiklankan online store, dengan begitu Anda dapat menambah pemasaran bisnis Anda di sana. Semakin banyak pengunjung yang melihat, akan semakin banyak pula pelanggan Anda. Keuntungan lain dari menggunakan aplikasi tersebut adalah Anda bisa mengecek, mengobrol, dan berkomunikasi lebih intens dengan mereka.

    4. Desain Website Anda Secara Apik

    Pengunjung tidak menyukai tampilan website yang kurang menarik, berantakan, dan susah dibaca. Ini tentunya dapat mempengaruhi kualitas bisnis Anda. Desainlah website online shop Anda dengan apik, menarik, dan mudah untuk diakses oleh pengunjung.

    5. Buat Proses Transaksi Berbelanja Semudah Mungkin

    Ketika Anda membuat website dengan sistem yang terlalu rumit, calon pembeli sudah akan merasa malas untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Sebaiknya buatlah proses transaksi berbelanja semudah mungkin, tidak memakan terlalu banyak waktu dan syarat. Namun mudah bukan berarti Anda jadi kecolongan. Tetaplah buat yang bisa Anda pantau untuk mengetahui kemajuan bisnis Anda.

    6. Cermati Kebiasaan Para Pengunjung

    Tak ada salahnya sesekali Anda mencermati kebiasaan para pengunjung website Anda. Dengan begitu Anda bisa mengetahui apa barang yang biasa dibelinya atau link apa yang bisa mereka kunjungi.

    7. Pilih Metode Pembayaran yang Tepat

    Ada beberapa metode pembayaran yang tersedia untuk transaksi berbelanja. Anda bisa memilih antara kartu kredit, transfer antar bank, atau sistem pembayaran yang kini sudah banyak tersedia, seperti paypai. Sesuaikan pilihan dengan kondisi yang Anda punya.

    8. Pekerjakan Customer Service

    Pelanggan adalah raja. Setiap pelanggan senang dilayani dalam memilih barang yang akan dibelinya. Bila Anda sudah cukup sibuk melayani banyaknya pelanggan Anda, tak ada salahnya untuk mempekerjakan seseorang untuk menjadi staff customer service bisnis Anda. Orang ini nantinya akan bertugas untuk menjawab pertanyaan, melayani, dan memberikan pendapat dari pelanggan, sedangkan Anda bisa dengan lebih fokus mengecek bisnis Anda.

    9. Kategorikan Produk Sesuai Jenisnya

    Jika Anda membangun bisnis yang menjual berbagai macam jenis produk, kategorikan produk-produk tersebut sesuai jenisnya. Di tampilan awal website Anda nanti harus tersedia menu yang memperlihatkan kategori barang, sehingga calon pembeli dapat langsung menuju ke barang yang ingin dibelinya. Sebaiknya Anda juga fokus pada satu jenis produk saja, misalkan fashion, alat tulis, atau kerajinan tangan.

    10. Perhatikan SEO dan SEM nya

    Memiliki website yang menakjubk]an akan terasa sia-sia saja bila Anda tidak bisa mengoperasikannya dengan maksimal. Paling tidak Anda harus mempunyai orang yang mampu membantu Anda dan mengetahui benar tentang masalah SEO dan SEM. Sistem tersebut sangat mempengaruhi kemajuan website online shop yang Anda buat.

    Info terkait:

    • prostitusi online jayapura
    • buat doodle nama online
    • bingkai arsenal
    • contoh iklan ojek online
    • mucikari jayapura
    • yel yel customer service
    • psk online sampit
    • caption apik
    • membuat grafiti nama online
    • teks eksplanasi prostitusi

    Leave a Reply