TOP 10 tradisi NATAL yang UNIK dari berbagai NEGARA!!

  • admin
  • 25/12/2013
  • Banyak sekali keunikan perayaan Natal yang tersebar di seluruh dunia. Beberapa di antaranya bahkan mungkin terlihat menyeramkan bagi orang lain yang tidak mengikuti tradisi tersebut. Meski begitu, keseraman dan kejanggalan itu tidak mengurangi kebahagiaan dan kedamaian yang menyelimuti hari raya umat Nasrani ini. Cek diantaranya gan.!

    1. Berfoto dengan Santa Klaus dan senapan di Arizona, Amerika Serikat

    Arizona memang terkenal sebagai wilayah di Amerika Serikat yang melonggarkan peraturan kepemilikan senjata api bagi penduduknya. Hal ini pun lantas dimanfaatkan oleh para penggiat bisnis di Arizona`s Scottsville Gun Club untuk membuka sesi foto bersama Santa Klaus sambil memegang senapan sungguhan. Siapapun, termasuk anak-anak, diperbolehkan untuk berfoto dengan Santa sambil membawa pistol, senapan, AK-47s, dan bahkan basoka.

    2. Boneka batang pohon Natal di Catalonia, Spanyol

    Caga Tio adalah nama boneka batang pohon yang seperti agan lihat di atas. Di Catalonia, Spanyol, Caga Tio, yang terbuat dari styrofoam, diletakkan di samping perapian di rumah-rumah sejak tanggal 8 Desember. Secara berkala, para orang tua kemudian mengganti Caga Tio dengan ukuran yang lebih besar, sehingga anak-anak akan percaya bahwa Caga Tio tumbuh besar. Setiap hari anak-anak rutin memberi makan boneka ini dengan permen, kacang-kacangan, cokelat, dan manisan. Kemudian, pada malam Natal anak-anak akan menyanyikan lagu, “Poop log, poop candy! If you don`t poop well, I`ll hit you with a stick. Poop log!”, yang intinya menyuruh boneka kayu tersebut untuk mengeluarkan semua permen, cokelat, dan jajanan lain yang sudah mereka masukkan ke dalam tubuhnya. Lalu, mereka akan memukul-mukul boneka kayu ini dengan tongkat bisbol hingga jajanan yang diinginkan keluar.

    3. Krampus, si monster Natal di Austria, Jerman, dan Hungaria

    Di ketiga negara tersebut ada sebuah tradisi Natal yang sedikit menyeramkan. Penduduk di sana memercayai bahwa jika ada anak-anak yang tidak bisa berperilaku baik sepanjang tahun menjelang Natal, maka pada tanggal 24 Desember nanti mereka akan diculik oleh Krampus, si monster Natal yang datang langsung dari neraka. Dengan kostum yang menyeramkan seperti monster sungguhan, monster-monster ini akan berparade bersama dengan Santa Klaus pada malam 25 Desember untuk menghibur umat yang merayakan Natal beramai-ramai di jalanan.

    4. Lomba ski Santa Klaus di Samnaun, Swiss

    ClauWau, alias lomba ski Santa Klaus, diadakan tiap tahunnya pada bulan Desember di Samnaun, Swiss. Banyak orang dari seluruh dunia berkumpul di salah satu arena ski terbesar di sana, dengan dandanan ala Santa lengkap dengan topi merah berbulu dan syal hijau. Bukan hanya ski saja yang sebetulnya harus dihadapi oleh para Santa Klaus `tiruan` ini, namun juga berbagai macam lomba yang menyemarakkan perayaan Natal tiap tahunnya. Beberapa di antaranya adalah lomba dekorasi kue jahe dan lomba menunggang kuda kayu.

     
    5. Parade mengejar Santa Klaus di Kussnacht, Swiss

    Sebetulnya parade ini adalah ritual perayaan Natal kuno yang sudah ada sejak agama pagan masih menjadi mayoritas di Kussnacht. Ada sekitar 1000 orang yang berpartisipasi pada periode ini setiap tahunnya, dengan memakai semacam lampion di atas kepala mereka. Ritual ini bertujuan untuk melindungi para penduduk dari roh jahat dan mendapatkan hadiah dari Santa Klaus, meski pada awalnya dulu tujuannya malah untuk memburu Santa Klaus

    6. Nenek sihir La Befana di Italia

    Di Italia, Santa Klaus dikenal dengan nama Babbo Natale. Nah, Babbo Natale ini memiliki teman seorang nenek sihir yang baik bernama La Befana. Nenek sihir ini akan datang membawa hadiah Natal tambahan pada anak-anak yang berkelakuan baik pada hari ke-11 pasca Natal, atau pada tanggal 5 Januari. Menurut sejarah, La Befana melakukan ini untuk membayarkan kesalahannya menjadi jahat pada Yesus di masa yang lalu.

    Boneka-boneka nenek sihir La Befana ini digantungkan di pohon-pohon Natal di tiap rumah untuk memberi keberkahan pada setiap keluarga yang merayakan Natal?

    7. Ukiran lobak untuk perayaan Natal di Oaxaca, Meksiko

    Di wilayah Oaxaca, Meksiko, ada sebuah tradisi perayaan Natal yang disebut La Noche de Rabanos alias Malam Lobak. Perayaan Natal yang satu ini jatuh pada tanggal 23 Desember setiap tahunnya. Dibawa oleh para misionaris Spanyol pada abad 16, acara ini sebetulnya adalah lomba mengukir buah lobak merah menjadi hiasan atau patung-patung kecil yang mencerminkan kedamaian dan kebahagiaan hari Natal. Yang membuat perayaan ini sangat dinantikan tiap tahunnya adalah hadiah uang yang cukup banyak untuk para pemenangnya.

    8. SantaCon, festival Santa Klaus di San Fransisco, Amerika Serikat

    The Cacophony Society mengawali perayaan ini pada tahun 1994, di mana banyak orang dari seluruh dunia berkumpul dengan berpakaian ala Santa Klaus. Orang-orang ini saling berinteraksi satu sama lain, minum bir hingga mabuk, dan merayakan kebahagiaan Natal bersama orang-orang yang tidak mereka kenal di jalanan.

    Meskipun pertama kali diadakan di San Fransisco, ternyata rekor dunia peserta SantaCon terbanyak dicetak oleh negara Irlandia pada tahun 2007, dengan jumlah 13.000.?

    9. Pohon Natal sarang laba-laba di Ukraina

    Sarang laba-laba yang menyelimuti pohon-pohon Natal di Ukraina menandakan kemakmuran dan keberkahan hidup untuk satu tahun ke depan. Sejarahnya, ada seorang janda miskin yang tidak mampu membeli hiasan Natal untuk pohon cemara di depan rumahnya. Anak-anaknya pun bersedih hati. Kemudian, ada segerombolan laba-laba ajaib yang bersimpati dan membangun sarang mereka di pohon tersebut. Hasilnya, pohon tersebut seolah-olah sudah dihias dengan indah. Semenjak hari itu, keluarga janda itupun menjadi makmur dan sejahtera.

     
    10. Sapu milik nenek sihir pengganggu Natal

    Di Norwegia ada kepercayaan bahwa pada malam-malam menjelang Natal akan datang para roh jahat nenek sihir yang mengganggu kehidupan penduduk. Untuk mengantisipasinya, para ibu-ibu di rumah menyembunyikan semua alat pel dan sapu ijuk yang mereka miliki ke dalam lemari yang telah diberkati. Kemudian, para pria menembakkan pistol ataupun senapan ke udara sebagai tanda untuk mengusir para roh nenek sihir jahat yang akan datang.

    Info terkait:

    • mading dari styrofoam
    • styrofoam mading
    • lampion agustusan
    • monster pilok
    • lampion dari gabus
    • lampion dari sterofom
    • cara membuat cangkul dari styrofoam
    • grafiti Tio
    • cara membuat lampion dari styrofoam
    • cara membuat lampion dari lidi

    Leave a Reply