TOP 20 design RAK BUKU paling keren!!

  • admin
  • 25/11/2013
  • Setiap kali kita berbicara tentang furniture sedang kita masih awam, topik pembicaraan mungkin akan menjadi sedikit membosankan. Apalagi jika ditambah kita bukan penggemar buku, maka topik mengenai rak buku juga akan menjadi hal yang membosankan dan terkesan ga penting.

    Nah thread ini akan menyajikan mengenai berbagai ide kreatif dan unik dari desain rak atau tempat penyimpanan buku.

    Berikut ini adalah 20 desain kreatif rak buku paling keren:
    1. Desain Rak Buku Bookworm
    The Bookworm, demikianlah nama lemari buku ini, terinspirasi dari bentuk melengkung cacing. Lemari buku ini didesain dengan bagian sekelilingnya digunakan sebagai tempat penyimpanan buku dan bagian tengah dapat digunakan sebagai ruang baca. Tidak hanya kreatif, desain ini juga sepenuhnya praktis untuk digunakan.

    2. Desain Rak Buku CONCEAL Book Shelf
    Desain lemari buku ini mungkin adalah desain yang paling unik dan simpel dalam artikel ini. Dirancang supaya buku terlihat melayang, desain inovatif ini dirancang oleh Studio desain Miron Lior. Meskipun terlihat sangat sederhana Conceal Book Shelf mampu menyangga beban buku hingga seberat 7kg. Desain ini telah memenangkan berbagai penghargaan karena desainnya yang inovatif, imajinatif dan inspiratif.

    3. Desain Rak Buku Squaring Moveable Bookshelf
    Sekilas melihat lemari buku ini, tampak seperti lemari penyimpanan buku biasa, namun dibalik tampilannya yang biasa lemari ini menyimpan sesuatu yang luar biasa. Squaring Book Shelf lemari buku ini dirancang oleh desainer asal Korea Sehoon Lee. Squaring Book Shelf dirancang dapat bergerak dan berubah bentuk. Dibalik lemari buku ini terdapat engsel yang memungkinkan lemari untuk berubah bentuk.

    Simak juga video dibawah ini untuk melihat bagaimana lemari buku mengagumkan ini bekerja.

    4. Desain Rak Buku Voronoi
    Bagaimana jika kita dapat membuat lemari buku sesuai dengan keinginan kita? Hal inilah yang dapat menjadi nilai tambah pada sebuah produk. Ide inipun dimulai oleh Alan Rorie melalui proyek Voronoi. Proyek ini adalah sebuah ide kreatif yang memungkinkan kita untuk merancang lemari buku sendiri. Voronoi merupakan contoh bagaimana teknologi komputasi dapat digunakan untuk membuat nilai tambah pada suatu produk.

    Dengan menggunakan aplikasi pada iPad, customer dapat merancang sendiri lemari buku secara interaktif dan mewujudkannya sesuai dengan desain yang telah dibuat. Aplikasi Voronoi merupakan konsep inovatif berbasis algoritma.

    Tujuan dari proyek Voronoi bukan terletak pada bagaimana desainer membuat sebuah desain yang indah, namun customer dapat berkolaborasi untuk membuat sebuah desain lemari buku sesuai dengan keinginan. Proyek ini pun telah berhasil meraih perhatian dan dukungan dana di website fund raising Kickstarter.

    Simak juga konsep Voronoi pada video dibawah ini:

    5. Desain Rak Buku Bookcase Staircase
    Studio Arsitektur asal London Levitate Architects memliki solusi yang menarik bagaimana membuat lemari buku dengan memanfaatkan ruangan kosong pada apartment. Ide kreatif ini dapat menjadi solusi bagi gaya hidup urban, dimana terbatasnya ruangan di apartment.

    6. Desain Rak Buku Second and A Half Dimension
    Sekilas melihat lemari buku ini sedikit membingungkan karena ilusi optik yang ditimbulkan dari garis geometri dan warna-warna pada lemari buku ini. Dinamakan dengan Imeble, lemari buku ini di desain dengan menggunakan prinsip ilusi optik. Jika diperhatikan lebih dekat, lemari buku ini terbuat dari plastik yang dibentuk sedemikian rupa. Melalui lemari buku ini, desainer Bjrn Jrund Blikstad berharap dapat memberikan inspirasi kepada audiens, bagaimana tempat penyimpanan buku dapat menjadi sesuatu yang berharga.

    8. Desain Rak Buku Malagana
    Dengan menggunakan modul penopang yang disusun satu sama lain pada bagian sikunya, desain lemari buku yang dinamakan Equilibrium ini telah menarik perhatian dengan menciptakan perasaan lucu dan kejutan. Meskipun tampak seperti menara yang akan jatuh, namun lemari buku ini mampu menahan beban buku hingga 72kg.

    9. Desain Rak Buku The Face Shelving
    Lemari buku berbentuk wajah ini merupakan ide kreatif dari Alexi McCarthy, seorang desainer dari London. Proyek membuat lemari buku berbentuk wajah ini ia namakan The Face Shelving, karena bentuknya yang menyerupai wajah. Idenya cukup unik, Setiap buku yang disimpan pada posisi tertentu ia akan membentuk berbagai ekspresi wajah yang berbeda-beda.

    10. Desain Rak Buku Chuck
    Chuck adalah sebuah sistem penyimpanan buku yang terinspirasi oleh ide, bagaimana membuat sebuah ruangan yang fleksibel. Sepintas kayu ini tampak seperti sebuah rak sederhana, namun dibalik desainnya yang sederhana terdapat sebuah ide cerdas. Lemari buku ini sebenarnya dapat beradaptasi menyesuaikan bentuk terhadap benda-benda yang disimpan didalamnya. Fleksibilitas struktur pada Chuck memungkinkan untuk bereksplorasi memanfaatkan ruangan yang ada.

    Simak juga video dibawah ini untuk melihat bagaimana Rak buku ini bekerja dengan cara yang unik.

    11. Desain Rak Buku Cat Library
    Rak buku ini dirancang bagi para penggemar kucing. Desain ini terinspirasi dari perilaku kucing yang gemar menaikki tangga. Material yang digunakan juga ramah bagi kucing, modul tidak dicat, tidak diberi minyak supaya kucing tidak terselip ketika menaikki lemari buku ini.

    12. Desain Rak Buku Booktree
    Lemari buku berbentuk pohon ini dirancang untuk menciptakan suasana musim panas di taman. Dengan menciptakan suasana yang hangat, diharapkan dapat menimbulkan minat terhadap membaca buku. Lemari buku ini juga ideal ditempatkan pada kamar anak, sehingga anak-anak dapat dengan nyaman membaca buku-buku kegemaran mereka.

    13. Desain Rak Buku Archieve Series
    Archieve Series adalah sebuah eksplorasi terhadap ruang dan buku, dibuat dengan tujuan untuk mengaburkan batasan antara seni dan desain. Archieve merupakan perpustakaan nomaden, sebuah konsep gabungan antara alat transportasi dan perpustakaan. Tempat penyimpanan buku ini lebih tepatnya merupakan sebuah konsep dan karya seni. Terinspirasi oleh desain perpustakaan kuno dari budaya timur. Archiecve telah dipamerkan di Universitas of Roskilde Main Library.

    14. Desain Rak Buku Bias of Thoughts
    Bias of Thoughts inilah desain lemari buku yang menggunakan prinsip ilusi optik. Sekilas melihat lemari buku ini tampak membingungkan. Dirancang oleh studio arsitektur asal Australia Clarke Hopkins Clarke, desain lemari buku ini menawarkan sesuatu yang berbeda.

    Ilusi optik diciptakan melalui desain yang sangat cerdas, seperti yang ditunjukkan dalam video singkat dibawah ini.

    15. Desain Rak Buku Archieve Series
    Desainer asal New York Sebastian Errazuriz menyebut rancangannya ini sebagai bagian dari Death Series nya. Tempat penyimpanan buku ini sebenarnya adalah karya instalasi seni, dirancang dengan maksud untuk menyampaikan sebuah pesan untuk mengingatkan audiens terhadap kematian. Nama Bilbao diambil dari sebuah nama jalan di Santiago, Chile dimana Errazuriz menemukan ranting pohon yang telah tumbang. Dengan melakukan modifikasi serta perbaikan, ia mampu mengubah ranting pohon tersebut menjadi tempat penyimpanan buku dan sebuah karya seni.

    16. Desain Rak Buku OH
    OH adalah furniture serbaguna yang dapat digunakan dengan cara berdiri atau berbaring. Selain dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan buku, OH juga cocok untuk digunakan sebagai meja atau kabinet, tempat ideal untuk menyimpan buku, majalah, catatan, koleksi DVD atau berbagai aksesoris lainnya. Cara bekerja desain furniture ini ibarat seperti bermain lego, kita dapat mengatur sendiri bentuk sesuai dengan kebutuhan.

    17. Desain Rak Buku Bookseat
    Bookseat adalah lemari buku sederhana yang berbentuk kurva dan dapat sekaligus berfungsi sebagai kursi. Ide untuk membuat tempat penyimpanan buku yang dapat berfungsi sekaligus sebagai kursi muncul dari terbatasnya ruangan pemukiman di perkotaan. Bookseat merupakan kebutuhan gaya hidup urban. Desain ini telah mendapatkan penghargaan desain terbaik pada Montreal International Design Show 2008.

    18. Desain Rak Buku Exhibi-Table for Library
    Tempat penyimpanan buku yang dinamakan The Exhibi-Table for Library ini memiliki konsep yang unik. Berbentuk meja dengan slot buku di dalamnya, dan memungkinkan membagi buku berdasarkan kategori yang berbeda-beda. Sesuai dengan namanya, penyimpanan buku berbentuk meja ini didesain untuk dipasang di ruang pameran yang nantinya dapat berfungsi untuk memberikan ruang yang nyaman bagi pembaca untuk menelusuri lebih lanjut berbagai koleksi buku.

    19. Desain Rak Buku Piegato One
    Piegato One adalah serangkaian lembaran logam serbaguna yang dirancang oleh desainer Jerman Matthias Ries. Terbuat dari lembaran logam yang dibentuk dengan laser cutting, alat ini bisa menjadi tempat penyimpanan multifungsi. Seperti halnya amplop, Piegato one juga dapat dilipat masuk atau pun keluar. Dengan warna-warnanya yang cerah, Piegato one dapat menambah hangat suasana rumah.

    20. Desain Rak Buku American Book Shelf
    Desain lemari buku berbentuk peta Amerika Serikat ini dibuat oleh arsitek kelahiran Russia, Andrei Saltykov. Ide untuk membuat lemari berbentuk peta ini muncul pada saat ia bekerja pada sebuah perusahaan konstruksi di Washington D.C. Suatu ketika ia melihat peta negara Amerika Serikat yang terbuat dari plat yang akhirnya konsep ini ia terapkan untuk membuat lemari buku pada rumah barunya di London. Lemari berbentuk negara AS Ini kemudian menjadi portfolio pertamanya, ketika ia memutuskan untuk membuka biro arsitektur sendiri di London.

    Info terkait:

    • rak sepeda di mobil pick up
    • contoh artikel sederhana
    • origami lemari
    • Contoh iklan makanan kucing
    • cara membuat rak sepeda di mobil
    • iklan perpustakaan bahasa inggris
    • kreativitas anak kos
    • contoh konsep acara
    • cara membuat rak buku terbang
    • menghias lemari kelas

    Leave a Reply