TOP 4 larangan PENTING bagi pengguna lensa kontak!!

  • admin
  • 01/05/2014
  • Fungsi lensa kontak (softlens) hampir sama dengan kacamata yaitu untuk membantu penglihatan. Namun, terkadang ada orang yang memakai lensa kontak untuk hanya memperindah matanya saja. Bentuknya yang tak nampak saat dipakai dan warnanya yang bervariasi membuat sebagian orang ingin memakainya sebagai bagian dari mode.

    Jika Anda merupakan salah satu pemakai lensa kontak, maka Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut agar mata tidak menimbulkan iritasi yang parah. Dikutip dari Asione.com, simak 4 tips berikut ini:

    1. Jangan memakainya saat tidur

    Hindari memakai lensa kontak pada saat tidur karena bisa menimbulkan iritasi pada mata dan menyebabkan frame lensa rusak di mata Anda. Dr. Lee Hung Ming, Direktur Medis dari Klinik Mata Parkway di Gleneagles Hospital, Malaysia mengatakan, Jika Anda mencubit lensa kontak terlalu ketat, maka bisa menimbulkan sebuah fragmen terjebak di mata Anda dan bila tidak diambil segera oleh dokter, maka fragmen bisa menggores kornea atau menyebabkan infeksi buruk.

    2. Jangan mencucinya dengan air keran

    Mencuci kontak lensa dengan air keran merupakan hal yang harus dihindari karena bisa menimbulkan bakteri di lensa kontak Anda. Dr. Yo Ming Por, konsultan ahli bedah di bedah mata Eye Jerry Tan mengatakan, Cacing banyak ditemukan di air keran, jika Anda mencuci dengan air itu, maka mata bisa mengalami infeksi yang sangat parah, bahkan menyebabkan kebutaan. Untuk itu, cucilah dengan cairan yang dikhususkan untuk mencuci lensa kontak.

    3. Jangan memakainya dalam jangka waktu lama

    Memakai lensa kontak dalam jangka waktu yang lama pun tidak disarankan oleh para ahli mata. Lensa kontak hanya boleh dipakai selama kurang lebih 12 jam. Bila memakainya lebih dari jangka waktu tersebut, maka bisa menimbulkan iritasi yang bisa membahayakan mata Anda.

    Elliot Myrowitz, Kepala Pelayanan Optometric di Johns Hopkins University, Wilmer Eye Institute menyarankan bahwa setelah Anda memakai lensa kontak, Anda wajib membersihkan dan menempatkannya di larutan pembersih. Selain itu, Anda juga diharuskan untuk menggosoknya dengan larutan pembersih selama kurang lebih 10 detik sebelum diletakkan di tempat yang berisi larutan pembersih softlens.

    4. Jangan mengucek mata

    Mengucek mata ketika memakai lensa kontak dapat menimbulkan infeksi kornea yang parah dan menjadi tidak tepat di kornea. Terdapat beberapa kasus yang terjadi pada para pemakai kontak lensa, yaitu ketika sedang memakainya mereka mengucek mata dan menyebabkan lensa kontak berada di atas kornea. Bila hal ini terjadi, maka perlu dilakukan operasi mata.

    Bagi para pemakai lensa kontak, hal di atas harus diterapkan. Tujuannya adalah untuk menghindari kebutaan dan iritasi pada mata Anda. Pakailah lensa kontak dengan aturan yang benar dan tetap jaga kebersihannya.

    Info terkait:

    • dialog bahasa inggris tentang merokok untuk 4 orang
    • larangan ldks
    • dibalik lensa igo
    • dibalik lensa artis indonesia
    • contoh percakapan 4 orang di larang merokok
    • contoh bewara bahasa sunda tentang larangan
    • conto sawala 4 urang
    • cewe pecinta tutup lensa
    • Cewe Foto pake tutup lensa
    • sawala bahasa sunda 4 orang

    Leave a Reply