TOP 5 bangunan BERKUBAH paling MENAKJUBKAN di dunia!!

  • admin
  • 12/03/2014
  • Bangunan berkubah adalah bangunan yang berbentuk bulat yang ujungnya berbentu lancip menyerupai kerucut di atasnya. Bangunan berkubah ini merupakan strukstur khusus dari tempat-tempat peradapan umat islam, contohnya pada bangunan kremlin di Rusia.

    Namun, tak hanya di Rusia, di negara-negara lain juga terdapat bangunan-banganan berkubah yang tak kalah menarik dengan bangunan berkubah di Rusia.

    Nah, berikut ini ada beberapa bangunan berkubah yang sangat luar biasa dan menjadi tempat wisata bagi para wisatawan. Inilah dia ke lima bangunan berkubah seperti yang dikutip Merdeka.com,

    Taj mahal, India

    Bangunan berkubah ini merupakan makam yang dibangun oleh raja Shah Jehan dair Dinasti Mughal untuk istrinya Mumtaz Mahal, yang dibangun pada tahun 1632 sampai 1653 di Agra Uttar Pradesh, India. Bangunan ini memiliki kubah yang berada diatasnya dan ujungnya lancip menyerupai kerucut.

    Masjid Sheikh Lotfollah, Iran

    Masjid berkubah ini merupakan bangunan yang dibangun oleh raja Shah Abbas untuk menghormati mertuanya, Sheikh Lotfollah. Kubah yang berada diatas bangunan itu dibuat berdiameter 13 meter, yang interiornya terbuat dari marmer dengan motif mozaik tujuh warna yang bisa berubah-ubah, dan dipenuhi dengan kaligrafi.

    Reichstag, Jerman

    Bangunan berkubah di Jerman ini merupakan Gedung Parlemen yang terbuat dari kaca. Kenapa dibuat dari kaca? Karena bangunan ini dibuat bertujuan untuk memudahkan pada pengunjung untuk melihat da menikmati kota Berlin dari setiap sudut. Dengan begitu, para pengunjung dengan mudah melihat keindahan kota Berlin.

    United States Capitol, Amerika Serikat

    United States Capitol merupakan gedung berkubah yang digunakan sebagai tempat pertemuan Kongres Amerika Serikat sejak tahun 1800. Bangunan ini merupakan bangunan yang paling terkenal di Amerika, dan memiliki kubah setinggi 88 meter

    Eden Project, Inggris

    Eden Project merupakan sebuah rumah kaca raksasa yang terbuat dari ratusan sel plastik yang berbentuk segi lima, dan segi enam. Di dalam bangunan ini terdapat ratusan jenis tumbuhan tropis dan barat yang dipelihara secara terpisah.

    Leave a Reply