TOP 6 senjata API buatan dalam negeri!!

  • admin
  • 20/01/2014
  • Produk hasil produksi dalam negeri merupakan sebuah bentuk pencapaian yang dicapai oleh sebuah bangsa. Tak bisa dipungkiri bahwa indonesia masih menjadi penonton dan konsumen yang taat di banyak sektor, misalnya di ranah otomotif, gadget dan teknologi. Bila berkaca pada Iran, saya akan bangga bila negara saya punya kemandirian yang luar biasa dan tak takut ditekan oleh bangsa lain.

    Ditengah berbagai ketertinggalan, walaupun indonesia belum mampu bikin industri motor dan mobil(banyak sabotase secara ekonomi dan politik oleh mereka yang berkepentingan) negeriku telah memproduksi senjata api dalam skala industri sebagai alat bantu pertahanan nasional. Berikut beberapa senjata pilihan ane

    1. PINDAD PS-01


    PS-01 merupakan singkatan dari Pistol Serbu-01. Berbeda dari kebanyakan pistol, PS-01 menggunakan amunisi 5.56×21 mm Armor Piercing buatan PT. Pindad, amunisi ini memungkinkan PS-01 menembus rompi anti peluru dan plat logam yang tidak bisa ditembus amunisi 9x19m Parabellum.

    2. PINDAD PM2


    Pilihan saya pada seri PM2 adalah PM2-v2. PM2-v2 merupakan senjata yang termasuk dalam jenis Sub Machine Gun, menjadikanya satu kelas dengan HK MP5 pabrikan Heckler and Koch-German, Uzi buatan israel, dan AK-74u pabrikan Russia. Serie PM pada awalnya diperuntukan bagi Kepolisian yang membutuhkan persenjataan compact dalam operasinya di lingkungan urban dan perumahan, serta Polisi hutan yang kegiatanya berada di medan sulit dan banyak rintangan pepohonan-dahan, serta bentang alam yang merepotkan bila membawa senapan laras panjang. PM2 Varian V2 dilengkapi Peredam suara yang memungkinkan penyergapan dan eliminasi musuh secara sembunyi2.

    3. Senapan Serbu 2


    SS2 merupakan senjata laras panjang yang berada dalam satu kelas dengan M16, M4A1, FN-FAL, dan sang legenda AK-47 di jenis senapan serbu(Assault Rifle). SS2 merupakan pengembangan dari SS1 yang dilisensi FN-Belgia untuk menjawab kebutuhan dalam negri akan senjata serbu yang dapat diproduksi secara mandiri di dalam negri dan memiliki kualitas yang bersaing secara internasional. SS2 memiliki prestasi juara di Australian Army Skill Arms Meeting dengan 22 Mendali Emas, 13 Medali Perak, dan 14 Perunggu. Tim yang dipimpin Lieutenant Colonel. Inf. Budiman Danyonif Airborne 328/Kostrad menggunakan SS2 sebagai andalan di kompetisi yang juga diikuti oleh Australia, Brunei, Indonesia, Singapore, Thailand, Philippines, Papua New Guinea, East Timor, Perancis and Kanada.SS2 juga juara di Asean Army Rifle Match (AARM) Ke-16

    4. Senapan Serbu 3


    Senapan Serbu 3 merupakan senjata MDK(Mekanisme Dalam Popor-Bullpup) dalam sistem ini mekanisme feeding peluru dan magasen berada dibelakang pelatuk. Mekanisme ini memberikan beberapa kelebihan, antara lain: berat senjata yang dapat dikurangi hinga 25%, serta titik beban senjata berada lebih dekat dengan bahu sehingga mengurangi keletihan yang timbul saat membidik dan menembak. SS3 merupakan jawaban PT. Pindad akan kebutuhan Kopassus dan Kopaska akan kebutuhan senapan serbu yang lebih ringkas dibanding SS1-SS2 pada operasi2 khusus yang ruang geraknya terbatas dan sempit seperti di kompleks bangunan pinggir sungai, dan dalam koridor kapal.

    5. Senapan Serbu 4 Battle Rifle


    Senapan Serbu 4 Battle Rifle masih merupakan purwa rupa, senjata ini dibuat dengan bentuk yang berbeda dari kebanyakan senjata di kelas Assault Rifle. Hal pertama yang terlintas oleh saya ketika melihat senjata ini adalah popornya mirip MK-14 EBR dan sepertinya Retractable. Senjata ini menggunakan amunisi 7.62x51mm NATO, amunisi yang pada tahun 50an digunakan untuk M14 yang digunakan US Marine. Amunisi jenis ini biasanya juga digunakan untuk berburu binatang2 berukuran besar.

    6. Senapan Penembak Runduk 2


    SPR2 menggunakan amunisi .50BMG dan berada di kelas Anti Materiel Rifle bersama Barret M82. Senjata ini didesain untuk dapat menembak hingga jarak 2km, namun sejauh ini efektif di 1.8km. Beredar kabar bahwa Pindad kebanjiran order untuk senjata seharga 200jeti ini, namun kewalahan karena keterbatasan mesin produksi.

    Info terkait:

    • singkatan kelas 9d
    • singkatan nama kelas 8a
    • dp bbm senjata api
    • singkatan kelas 8E
    • cara menggambar senjata api
    • singkatan kelas 7c
    • grafiti nama laras
    • nama kelas 8a
    • payudara anak sd kelas 6
    • nama singkatan kelas 8a

    Leave a Reply