TOP 7 satelit alam TERUNIK di tata surya!!

  • admin
  • 04/08/2013
  • Dari sekian banyak satelit alami yang mengelilingi planet-planet di tata surya, berikut 7 satelit yang menyandang predikat paling UNIK… unik bagaimana? cekidot deh gan.. 😀

    7. Ganymede Bulan Yang Paling Besar di Tata Surya.

    Sekilas, Ganymede terlihat kaya bulan yang ada di Bumi. Tapi ada perbedaan yang sangat signifikan, yaitu ukurannya. Ganymede nih bulan terbesar yang dimiliki Jupiter, dan juga yang terbesar di Tata Surya. Dan unik-nya lagi, bulan ini punya medan magnet sendiri!.

    Bahkan ukurannya aja, antara ukuran Merkurius dan Mars (8% lebih gede dari Merkurius, dan -nya ukuran Mars). Kalau Ganymede mengorbit Matahari, bukannya Jupiter. Mungkin dia bisa dianggap sebagai planet. Jadi, ini seperti planet yang mengorbit di planet lain. Kalau Leonardo DiCaprio nyebutnya Planet-Ception .

    6. Miranda Bulan Terjelek

    Padahal namanya cantik ya. Mungkin inilah objek terjelek di Tata Surya. Kaya sekumpulan lumpur yang dibulat-bulatin terus dilempar ke orbit Uranus .

    Miranda memiliki pemandangan yang beragam. Bercak-bercak seperti bekas disapu yang terdapat di pegunungan dan lembah yang disebut dengan Coronae, tidak dapat ditemukan di manapun di planet kita. Miranda juga memiliki ngarai yang sangat dalam, bahkan 12 kali lebih dalam dari Grand Canyon!. Kalau agan/sista menjatuhkan batu dari tebing tertinggi disana, maka butuh waktu 10 menit untuk sampai ke dasarnya, hehehe.

    Dan ilmuwan suka banget berdebat bagaimana alasannya di Miranda ini bisa punya bentuk yang aneh gitu. Ada beberapa hepotesis yang dipikirkan oleh para ilmuwan, yaitu: bahwa ada tabrakan besar di masa lalu yang membuat bulan itu hancur dan terpisah-pisah. Ada juga yang berpendapat bahwa ada hantaman dari meteor-meteor dan kemudian mengeras disana. Dan ada lagi pendapat bahwa ada pasuka intergalaktik yang datang kesana untuk menambang emas tapi ga ketemu-ketemu walau sudah ditambang sampai seperti itu. Kita mungkin tidak akan pernah tahu mengapa .

    By the way, Miranda itu adalah nama karakter yang diciptakan Shakespeare yang ga pernah menikah. Jelek sih gan

    5. Callisto Satelit Dengan Kawah Terbanyak di Tata Surya

    Callisto, bulannya Jupiter adalah bulan yang jerawatan . Callisto tidak memiliki aktifitas geologi yang dapat merubah bentuk permukaannya, sehingga kawah-kawah yang sudah lama menumpuk tanpa berubah bentuk. Usia-nya sekitar 4 miliar tahun, menjadikannya sebagai permukaan yang tertua yang tidak berubah, dan merupakan objek dengan kawah terbanyak di Tata Surya. Area yang memiliki kawah jauh lebih banyak ketimbang area yang tidak berkawah di Callisto.
    Karena banyaknya kawah yang menumpuk, maka di Callito ada kawah yang berada di dalam kawah
    Kalau tadi ada Planet-Ception, kalau yang ini namanya Crater-Ception

    4. Dactyl Bulan dari Aesteoroid

    Epimentheus dan Janus adalah bulan-nya Saturnus. Mereka memiliki orbit yang sama. Namun uniknya, setiap 4 tahun sekali mereka hampir bertabrakan, tapi tidak pernah bertabrakan, dan selalu bertukar posisi. Jarak terdekat diantara keduanya bisa mencapai hanya 10.000 KM!

    2. Enceladus Si Pembuat Cincin

    Enceladus ini merupakan salah satu bulan-nya Saturnus. Tau Saturnus kan gan? Itu lho yang planet yang punya cincin yang indah. Nah ternyata, sebagian dari cincin tersebut dihasilkan dari bulan ini!
    Enceladus ini merupakan objek yang paling reflektif di Tata Surya. Dia memantulkan hampir 100% cahaya yang dia terima. Di Enceladus juga ada geyser, nah dari situlah di lepaskan berbagai partikel es dan debu ke angkasa. Dan ternyata, dari situlah tercipta salah satu cincin dari Saturnus.
    Nah, Enceladus itu objek hitam kecil ditengah cincin itu.

    1. Triton Satu-satunya Yang Memiliki Gunung Ber-Es.

    Triton ini merupakan bulan terbesar dari Planet Neptunus. Triton juga merupakan satu-satunya bulan di Tata Surya yang mengorbit berlawanan arah dari rotasi planet-nya!
    Gunung ber-es yang ane maksud disini bukan gunung yang di puncaknya ada es kaya gunung Jawawijaya. Tapi gunung yang bisa meletus atau gunung berapi, tapi letusannya bukan lava melainkan es. Ya, gunung disana memuntahkan Air yang bercampur Amonia yang kemudian membeku karena suhu dipermukaannya.
    Selain itu, Triton juga sangat terang dan memantulkan banyak cahaya. Itu dikarenakan permukaannya ditutupi oleh es. Tapi bukannya es dari air, tau Nitrogen cair? Suhu-nya sangat dingin, nah itulah yang kemudian membentuk lapisan es dipermukaan Triton. Dan itulah sebabnya, Triton merupakan objek paling dingin di Tata Surya.

    Info terkait:

    • cara membuat miniatur air terjun dari barang bekas
    • cara membuat tata surya dari barang bekas
    • kontes miss v
    • doodle nama surya
    • cara mewarnai silikon hp
    • cara membuat miniatur tata surya sederhana
    • cara membuat miniatur tata surya
    • cara membuat tata surya sederhana
    • cara membuat miniatur sistem tata surya
    • Grafiti nama surya

    Leave a Reply