TOP 8 cara ALAMI tingkatkan hormon KEBAHAGIAAN!!

  • admin
  • 09/01/2014
  • Setiap orang pastinya menginginkan kebahagiaan, dan banyak cara yang ditempuh untuk meraihnya. Mulai dari mengumpulkan banyak uang supaya jadi orang kaya, cari pasangan yang ganteng/cantik, atau bahkan mengkonsumsi narkoba untuk merasakan kebahagiaan sesaat. Ya, memang segala cara akan ditempuh manusia untuk bahagia.

    Di bawah ini ada 8 cara yang dijamin aman untuk mendapatkan kebahagiaan. Mengapa aman? Karena cara-cara di bawah ini akan meningkatkan hormon endorfin secara alami. Endorfin sendiri adalah hormon di otak yang dapat menimbulkan rasa bahagia.

    8 cara alami meningkatkan endorfin, si hormon kebahagiaan :

    1. Tertawalah

    Semakin sering kita tertawa, semakin baik cara pandang kita. Masalah jadi tampak mengecil, kita pun jadi merasa lebih berenergi. Selama berabad-abad tertawa dikenal sebagai salah satu obat kehidupan yang terbaik.

    Penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan hormon stress, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan endorfin, dan membuat kita merasa nyaman. Di beberapa negara bahkan sudah ada terapi humor dan klub tertawa.

    2. Konsumsi ginseng

    Ginseng bermanfaat bagi orang yang kelelahan atau baru sembuh dari sakit lama. Tanaman khas negeri Korea ini dipercaya dapat memperlambat timbulnya rasa lelah, membuat otot lebih efisien dalam menggunakan energi.

    Ginseng juga meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2, melindungi jantung, pembuluh darah, paru-paru, liver, dan lambung. Serta menyembuhkan gejala-gejala menopause. Konsumsilah ginseng dalam jumlah yang wajar.

    3. Berolahraga bersama teman-teman

    Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berolahraga bersama teman-temannya mengalami peningkatan signifikan dari endorfin dibandingkan dengan yang berolahraga sendirian.

    4. Hirup aroma vanila atau lavender

    Aroma vanila diketahui dapat menurunkan perasaan cemas, dan mengurangi depresi. Teteskan satu atau dua tetes vanila ke dalam kopi, atau nyalakan lilin beraroma vanila, atau tambahkan minyak aroma vanila ke bak mandi anda.

    Aroma lavender dapat menyembuhkan depresi dan insomnia atau susah tidur. Oleskan minyak beraroma lavender di pergelangan tangan anda atau sebarkan aromanya di ruangan dengan alat khusus yang bisa anda beli di toko kesehatan.

    5. Berhubungan seks

    Manusia diprogram untuk menikmati hubungan seks, tapi banyak yang menyepelekannya, padahal berhubungan seks adalah salah satu obat penenang alami yang paling hebat dan juga cara menyenangkan untuk membakar kalori.

    Namun seperti sudah disebutkan sebelumnya, saat kita stress, kita cenderung mengabaikan seks. Jika itu yang terjadi maka cobalah membangun suasana romantis bersama pasangan anda. Pakailah parfum yang menggoda, saling memijat di ruangan yang diterangi cahaya lilin, gunakan minyak aroma seperti jasmine, rose, atau bergamot. Putar lagu romantis, dan luangkan waktu berdua bersama pasangan.

    6. Makanlah cokelat

    Pecinta cokelat pantas berbahagia, karena dark-chocolate terbukti menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Dark chocolate banyak mengandung polyphenol dan antioksidan lain, berperan dalam mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, menurunkan LDL/kolesterol jahat, meningkatkan HDL/kolesterol baik, dan melindungi arteri.

    Namun konsumsilah cokelat sewajarnya, yang dianjurkan adalah satu potong kecil dark chocolate dua sampai tiga kali dalam seminggu. Oya, dark chocolate lebih dianjurkan daripada milk chocolate.

    7. Dengarkan Musik

    Mendengarkan musik kesukaan anda dapat merangsang pengeluaran endorfin dan membawa perasaan nyaman.

    8. Makanlah makanan yang pedas

    Sebenarnya pedas bukanlah sebuah rasa, tetapi justru sebuah rasa sakit atau perasaan lidah seperti terbakar yang disebabkan oleh Capsaicin, zat yang terdapat di dalam cabai. Anehnya makan makanan pedas justru membuat kita merasa nyaman karena terjadi peningkatan produksi endorfin sebagai respon untuk melawan rasa terbakar di lidah tadi. Ini mungkin bisa menjelaskan mengapa makanan pedas begitu populer.

    Keuntungan lain dari makanan pedas adalah mereka membunuh kuman dan meningkatkan produksi air liur, juga dapat menghangatkan tubuh ketika cuaca dingin.

    Leave a Reply