TOP 8 destinasi wisata DANAU terbaik di INDONESIA!!

  • admin
  • 02/03/2015
  • Destinasi Danau Terbaik Di Indonesia yang Lebih Keren Dari Luar Negeri. Indunesia memiliki kekayaan alam yang sangatlah melimpah ruah baik dari dasar laut sampai puncak gunung. Bahkan memiliki jutaan ragam flora dan fauna serta keindahan alam yang tak pernah bosan untuk dipandang dan membuat kita terpikau. Salah satunya ialah danau-danau unik dan indah pastinya.

    Maka dari itu Indonesia menjadi wadah para traveler untuk menuju petualangan yang tidak akan terlupakan, Kemanaajaboleh.com merangkum Destinasi danau terbaik di Indonesia yang lebih keren dari danau danau yang ada di luar negeri

    1. Danau Kakaban, Kalimantan Timur

    Dinamakan danau kakaban karena danau ini terletak di Pulau Kakaban, Berau Kalimantan Timur. Danau ini memerangkap air laut, air hujan dan air dalam tanah sejak 2 juta tahun lalu. Luas danau ini sekitar 5 Km2 yang dikelilingi tebing karang yang tingginya 50 M sehingga air laut yang masuk tidak bisa keluar lagi. Konon, danau Kakaban merupakan danau prasejarah yakni ketika Zaman Peralihan Holosin.

    Air yang masuk ke danau ini dapat menjadi lebih tawar dan tentunya juga menyebabkan perubahan ekosistem yang unik. Konon, Kakaban sendiri artinya adalah memeluk, maksudnya pulau yang memeluk danau, bahkan juga flora dan fauna di sekitarnya. . Eh, ternyata pulau dengan danau seperti ini juga ada di Danau Ubur-ubur Palau, Kepulauan Micronesia

    2. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

    Ini adalah danau yang bening seperti kaca dengan dua rasa, yaitu tawar dan asin. Yup, ini dikarenakan campuran antara danau air tawar dan air asin, dan ini merupakan keunikan Danau Labuan Cermin.

    Permukaan danau ini merupakan air tawar yang tidak tercampurkan, sedangkan air asinnya terdapat di dasar danau. Tentulah perbedaan air tersebut juga menyebabkan perbedaan ikan yang hidup di permukaan dan ikan yang hidup di dasar danau tersebut. Setelah dari Kakaban anda bisa mendatangi Danau Labuan Cermin yang juga tak kalah uniknya dengan danau Kakaban.

    3. Danau Kelimutu, NTT

    Danau Kelimutu merupakan danau yang memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan, yaitu terdapat tiga danau dengan warna yang berbeda. Danau ini berlokasi di Gunung Kelimutu, Pulau Flores, NTT. Danau ini disebut juga sebagai Danau Tiga Warna, karena memang memiliki tiga buah kawah danau dengan warna yang berbeda-beda yakni merah, biru dan putih.

    Dengan bertambahnya waktu, warna-warna ini pun bisa berubah. Kelimutu sendiri merupakan gabungan dari kata keli berarti gunung dan mutu berarti mendidih. Dibalik panorama alam yang menyegarkan mata, konon masing-masing danau ini dipercaya memiliki kekuatan alam dan makna yang berbeda-beda. Ketika danau berubah warna, penduduk setempat wajib memberikansesajen. Konon, danau ini dipercaya menjadi rumah para jiwa-jiwa orang yang telah meninggal.

    4.Danau Merah Pagaralam, Bengkulu

    Danau Merah Pagaralam ini baru diketahui pada tahun 2010 saat ada rombongan warga yang melakukan ekspedisi di kawasan Rimbacandi. Danau berwarna merah darah ini terletak di perbukitan Raje Mandare perbatasan Kota Pagaralam dan Kaur, Bengkulu. Namun, walaupun permukaan danau tampak berwarna merah, tetapi sebenarnya airnya juga bening seperti air pada umumnya. Danau ini sama halnya dengan Danau Hilier yang berwarna merah muda di Kanada.

    Untuk mencapai ke Danau Merah Pagaralam kita membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari perjalanan dari Kota Bengkulu melewati hutan, kawasan rimbacandi, dan Dempo Selatan. Berminat untuk ekspedisi?

    5. Danau Satonda, NTB

    Danau ini juga merupakan danau yang memerangkap air laut. Bahkan diperkirakan kadar garam di danau ini lebih tinggi dari air laut disekitarnya. Diperkirakan danau ini terbentuk akibat letusan Gunung Tambora. Karena penelitian belum banyak dilakukan sehingga Flora dan fauna yang hidup disana belum bisa dipastikan

    Penelitian paling lengkap dilakukan di tahun 1989 dan 1996 oleh dua orang ilmuwan Eropa,yaitu Kempe dan Kazmierczak. Hasil penelitiannya dimasukkan dalam artikel berjudul Microbialities & Hydrochemistry of the Crater Lake Satonda, tahun 1996.

    6. Danau Paniai

    Danau Paniai berada di Kabupaten Paniai, Papua. Danau Paniai yang memiliki luas 14.500 hektare ini terletak di wilayah pegunungan yang sejuk, sekitar 1.700 mdpl. Danau Paniai ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi yang menambah keindahan pemandangan di sekitar Danau Paniai ini. Di sekitar danau ini juga bermukim Suku Mee dan Suku Moni yang merupakan suku asli Papua. Di perairan Danau Paniai ini hidup berbagai jenis ikan air tawar, seperti ikan mas, ikan sembilan hitam, ikan belut, ikan pelangi. Jika sedang beruntung, Anda juga dapat menjumpai udang selingkuh yang merupakan hewan endemik Papua. Di Danau Paniai ini, Anda dapat menyewa perahu dan memancing. Anda juga dapat menginap di rumah-rumah penduduk yang disewakan di sekitar danau

    7. Danau Sentani

    Satu lagi danau terindah di Indonesia yang terletak di Papua. Danau Sentani terletak di lereng pegunungan cagar alam Cycloops, pada ketinggian 75 mdpl. Jaraknya sekitar 50 km dari Jayapura. Sentani artinya di sini kami tinggal dengan damai. Danau Sentani merupakan danau yang terbesar di Papua. Danau Sentani ini dihiasi dengan 21 buah pulau kecil. Kawasan Danau Sentani ini juga memiliki keanekaragaman biota laut dan hewan endemik Papua. Salah satunya adalah hiu gergaji atau hiu sentani, ikan gabus danau sentani, dan ikan pelangi merah. Beberapa aktivitas wisata yang dapat Anda lakukan di Danau Sentani adalah berenang, naik sampan, menyelam, memancing, dan juga olahraga ski air. Setiap tahunnya di danau ini juga diadakan Festival Danau Sentani yang biasanya diadakan pada pertengahan tahun. Festival Danau Sentani ini diwarnai dengan tari-tarian adat di atas perahu, tarian perang Papua, upacara adat, dan kuliner khas Papua.

    8. Danau Ranu Kumbolo

    Danau Ranu Kumbolo merupakan sebuah gunung yang terletak di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Danau ini terletak di ketinggian 2.400 mdpl dan menjadi sumber air bersih bagi para pendaki Gunung Semeru yang sedang berkemah. Sungguh suatu pemandangan luar biasa tatkala air danau yang bening memantulkan sinar matahari pagi yang terbit di sela-sela bukit hijau. Pada sore hari, biasanya kabut putih akan menyelimuti wilayah ini. Untuk menjaga kelestarian Danau Ranu Kumbolo ini, pengunjung dilarang untuk berenang di danau, mandi dengan menggunakan sabun, sampo, atau bahan kimia lain, dilarang juga membuang air besar atau kecil di danau ataupun membuang sampah sembarangan.

    Info terkait:

    • Lukisan danau
    • Cara menggambar danau
    • Lukisan pemandangan danau
    • wanita papua tanpa busana
    • sketsa orang mancing
    • sketsa danau
    • sketsa pemandangan danau
    • gambar lukisan danau
    • cara menggambar flora langkah demi langkah
    • caption danau

    Leave a Reply