TOP 9 kenangan tentang RADIO yang bikin KANGEN!!

  • admin
  • 12/09/2015
  • Radio merupakan sebuah media elektronik yang sepertinya udah gak terlalu menarik bagi anak muda zaman sekarang. Tapi salah besar jika kamu berpikir untuk melupakannya begitu saja. Bagi yang belom tau, 11 September adalah hari berdirinya Radio Republik Indonesia, tepat 70 tahun silam. Umurnya sama kayak negara ini ya.

    Masing-masing dari kita pasti punya dong kenangan pribadi dengan radio sebelum mewabahnya era digital. Berikut beberapa di antaranya:

    1. Nyari Frekuensi

    Puter diputer, perasaan frekuensinya udah tepat, tapi kok masih kresek-kresek ya? Oh ternyata antenanya kurang yahud. Coba diarahkan dulu. Kadang emang sinyal radio yang diinginkan kurang bagus di daerah sekitar rumah. Tapi gak apa-apa, lagi pengen dengerin aja radio kesukaan yang biasanya siarannya bagus kalo lagi di mobil.

    2. Ngebayangin Rupa Penyiarnya

    Penasaran sama mbaknya
    Suara penyiar radio emang udah seharusnya empuk dan nyaman didengar. Belom gelontoran jokes-nya yang menyejukkan hati. Jadi pengen ketemu orangnya langsung. Gimana ya bentuknya? Apakah orangnya beneran menyenangkan?

    3. Seneng Banget Kalo Salam-Salamnya Dibacain

    Mana nih salam gue
    Ini masa-masanya telpon genggam belom se-hype sekarang, boro-boro smartphone deh. Karena emang radio adalah salah satu hiburan utama anak 90an dan awal 2000an, makanya yang punya gebetan harap-harap cemas orang yang ditaksirnya bakal dengerin radio juga supaya salamnya dibacain dan didengerin oleh si target operasi. Lebih enak lagi kalo punya temen penyiar, 90 persen bakal dibacain.

    4. Seneng Banget Kalo Lagunya Diputerin

    Senengnya barengan
    Salam-salam biasanya dibarengin sama request lagu. Tembang yang dipilih tentu yang mewakili perasaan si peminta dan berharap si gebetan memaknai secara dalam lirik lagunya, minimal judul deh. Padahal sebenarnya si gebetan dengerin radionya kresek-kresek gitu, kurang jelas deh jadinya. Sedih…

    5. Perjuangan Ngerekam Lagu Pake Kaset

    Jadinya mixtape deh
    Setelah kemarin gak sengaja denger lagu yang akhhirnya jadi favorit pribadi, muncullah niat untuk ngerekam lagu tersebut pake kaset kosong. Tapi ternyata gak semudah yang dibayangkan. Timing-nya harus presisi. Tapi kalo udah berhasil dari awal dan gak ampe akhir (karena suara penyiar bakal muncul sebelum lagu berakhir), rasanya kayak anak kecil dapet mainan baru.

    6. Membuka Khasanah Musik

    Sebelum seperti sekarang ini di mana mendapatkan musik baru hanyalah sebatas klik, dulu radio merupakan sarana memperluas pengetahuan lagu. Jika sekarang playlist radio tampak satu warna (cuma muterin top 40), dulu lebih beragam. Yang mau dengerin musik rock udah tau harus muter radio apa, demikian juga dengan genre-genre lainnya. Sekarang sih masih ada radio yang fokus akan satu jenis musik tertentu, tapi itungannya udah jarang banget.

    7. Ngebet Pengen Menang Kuis

    Dipantengin banget
    Udah hafal tiap jam segini bakal ada kuis, makanya selalu stand-by di sebelah telpon. Kalo udah menang rasanya seneng banget, apapun itu hadiahnya. Terus ntar jadi ada alasan main ke stasiun radio deh buat ngambil hadiah. Bisa sekalian kenalan sama penyiar yang rupanya jadi misteri selama ini.

    8. Nongkrong Gak Jelas di Stasiun Radionya

    Gak jelas di mana sih ini
    Sekali dua kali menang kuis, tapi kan lumayan bisa jadi alasan main ke alamat di mana radio itu bernaung. SKSD dikit, jadi kenal deh sama produser atau penyiar atau siapa aja deh yang ramah dan mau ngeladenin anak bocah. Abis itu jadi nongkrong deh tiap pulang sekolah di radio yang bersangkutan. Padahal gak ngapa-ngapain, cuma biar makin banyak kenalan aja gitu.

    9. Temen Bangun Pagi dan Sebelum Tidur

    Sebelum tidur harus dengerin
    Enak banget jadi temen ketiduran dan memulai hari. Walaupun kadang juga jadi temen tatkala susah tidur. Dengerin radio pagi-pagi jadi bikin punya info terbaru entah itu soal kondisi jalanan, gosip seleb, atau cuma menantikan lagu favorit aja. Alangkah menyenangkannya masa-masa itu.

    Ada lagi yang punya pengalaman pribadi dengan radio pas masih belom terjamah era digital? Atau ada yang masih setia dengerin radio walau cuma lagi di mobil doang?

    Info terkait:

    • caption kangen
    • caption kenangan
    • caption untuk gebetan
    • grafiti kangen kamu
    • grafiti tulisan kangen
    • grafiti kangen
    • nama stand yg bagus
    • contoh caption tentang kenangan
    • kenangan senam 16
    • grafity kangen