TOP 9 penyakit akibat keseringan menggunakan GADGET!!

  • admin
  • 19/03/2015
  • Beberapa istilah seperti Whatsapptitis, BlakBerry Thumb, Texting Neck atau iPosture mungkin bisa dibilang baru, juga tidak ada di dunia kedokteran ilmiah. Wajar saja karena istilah ini diseusuaikan dengan penyebabnya.

    Apakah ini nama penyakit baru? Tidak juga, namanya mungkin baru tapi penyebabnya sudah diketahui sejak lama. Sederhananya, ini adalah penyakit yang disebabkan oleh keseringan menggunakan gadget. Berikut nama-nama penyakitnya.

    1. iPosture

    Sakit leher dan sakit punggung merupakan ciri khas akibat terlalu sering menunduk saat menatap handphone. Entah itu mengetik teks sms atau sekadar melihat update status Facebook.

    Pemerintah California menegeluarkan beberapa rambu lalu lintas yang berkaitan dengan media sosial. Menyeberang dengan melihat smartphone tentu sangat berbahaya. Kecelakaan lalu lintas pun akan sering terjadi jika tidak dicegah sejak dini. Salah satu rambu yang dipasang di jalan berbunyi: Heads up! Cross the street. Then update Facebook.

    2. Gangguan Bobo

    Sinar terang dari layar gadget yang sangat dekat dengan wajah menekan jumlah pelepasan melatonin. Keterangan layar juga membuat pikiran memasuki keadaan setengah terjaga ketika akan tertidur. INi membuat siklus istirahat berantakan. Belum lagi kalau tiba-tiba ada yang nge-WhatsApp kita malem-malem kan?

    3. Paha Laptop

    Sering menaruh laptop di atas paha hingga casing laptop terasa panas dan menyengat paha? Sindrom kulit terpanggang ini menyebabkan kulit paha terpanggang secara perlahan. Biasanya ditandai dengan nyeri dan warna kulit yang lebih gelap.

    4. Nomophobia

    Sesuai namanya, No Mobile Phone Phobia adalah ketakutan berlebihan yang diakibatkan ketidakberadaan ponsel / smartphone. Pernah merasa cemas ketika pergi ke luar dan tidak membawah handphone? Mungkin yang ada di pikiran seperti: Waduh gimana ya kalau tiba-tiba ban mobil bocor, mana ga bawa hape lagi?.

    5. Text Neck

    Kepala terlalu sering menunduk menyebabkan masalah pada leher. Nyeri, kaku dan linu-linu bisa merupakan salah satu indikasi bahwa kamu terserang Text Neck.

    6. Scrotal Hypertermia

    Ini terjadi pada mayoritas kaum pria yang sering memangku laptop dalam keadaan panas. Suhu testis yang meningkat akan menyebabkan kerusakan pada sperma.

    7. Trigger Finger

    Jika jari kaku dan sakit saat ditekuk dan sulit kembali ke posisi semula, maka bisa saja kamu terserang penyakit ini. Biasanya paling sering terjadi di jari manis dan ibu jari. Beberapa istilah penyakit yang termasuk kategori Trigger Finger ialah Nintendoitis, Injurwii dan BlackBerry Thumbs.

    8. Carpal Tunnel Syndrome

    Mungkin kamu sudah sering mendengar nama sindrom ini. Biasa dikaitkan dengan penggunaan mouse komputer/laptop yang berlebihan. Berada di posisi yang sama selama beberapa jam setiap hari akan menyebabkan permasalahan pada terowongan carpal tunnel. Jika terkena penyakit ini, maka kamu akan mengalami nyeri dan sering mengalami kesemutan.

    9. De Quervain

    Disebabkan karena penggunaan ibu jari berlebihan saat mengetik smartphone. Dua otot pada ibu jari yang bergerak naik-turun dan gerak menyamping akan sering bergesekan. Akibatnya bisa mengerut, seret dan bahkan tercantol.

    Di jaman yang serba modern ini, hampir mustahil bagi seorang manusia untuk hidup tanpa gadget. Bahkan bisa dibilang kecanggihan gadget juga turut membantu kesuksesan seseorang. Namun begitu bukan berarti kita pasrah terhadap keadaan, melainkan harus bisa mengendalikannya.

    Info terkait:

    • Descriptive text Natasha Wilona
    • contoh report text tentang negara korea
    • descriptive natasha wilona
    • paha anak smp
    • descriptive text about nathasa wilona
    • report text scorpion
    • deskriptive natasha wilona
    • descriptive text about natasha wilona
    • macam macam caption text
    • report text tentang biola

    Leave a Reply