Tubuh anda tak kunjung BEROTOT?? Ini alasannya!!

  • admin
  • 02/06/2014
  • Tidak hanya wanita yang membutuhkan tubuh indah, lebih dari itu seorang pria pun membutuhkan kepercayaan diri yang hadir dari bentuk tubuh yang bagus dan ideal. Citra maskulin laki-laki amat erat kaitannya dengan otot, dan oleh karena itu sekarang banyak bertebaran tempat fitness untuk pembentukan otot.

    Banyak orang yang sedang menjalankan program pembentukan tubuh di tempat fitnes agar lebih berotot, six-pack, dan sebagainya, namun mereka berhenti tiba-tiba dan menjadi putus asa di tengah jalan akibat tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini dikarenakan adanya beberapa faktor yang menyebabkan gagalnya usaha tersebut.

    Menurut Dr John Berardi, seorang dokter yang ahli di bidang kebugaran, ada beberapa kesalahan umum dalam pembentukan otot tubuh.

    1. Tidak konsisten dengan program latihan

    Salah satu kesalahan mengapa tubuh tidak kunjung berotot bisa dikarenakan tidak konsistennya Anda terhadap program latihan yang dijalankan. Kebanyakan orang tidak mendapatkan hasil maksimal karena mereka kurang sabar dan kurang fokus terhadap latihan yang dijalankan. Anda harus konsisten terhadap program latihan anda setidaknya selama 2 bulan. Pilih program latihan dengan beberapa variasi gerakan. Imbangi juga dengan latihan angkat berat. Selama seminggu menjalankan program latihan tersebut, pastikan untuk selalu mencoba lebih keras dan lebih baik lagi. Sebagai contoh, tambahkan beban pada latihan angkat berat anda sedikit demi sedikit, lakukan pengulangan dan perpendek jeda waktu istirahat anda selama latihan.

    2. Kurang Makan

    Jika tubuh tidak berotot seperti yang Anda inginkan, bisa jadi Anda tidak makan dengan cukup. Pada orang yang kurus, metabolisme lebih cepat dibandingkan orang-orang pada umumnya. Untuk mengatasi cepatnya metabolisme yang terjadi, Anda disarankan untuk makan lebih banyak daripada biasanya. Namun demikian, makanan yang dikonsumsi juga harus tepat dan tidak sembarangan. Pastikan makanan yang dipilih adalah makanan yang memiliki kandungan protein berkualitas tinggi, serat, dan lemak baik.

    3. Mengumpulkan terlalu banyak informasi

    Apakah Anda sering membaca kumpulan artikel tentang olahraga dan nutrisi setiap harinya, namun Anda sendiri lupa untuk olahraga maupun pergi ke gym atau tempat-tempat fitnes? Para ahli menyebut kondisi ini sebagai “Analysis Paralysis”. Anda begitu terbiasa membaca artikel kebugaran, namun lupa untuk melakukan apa yang artikel-artikel tersebut sarankan. Mulailah dengan melakukan pergi ke tempat fitnes untuk menjalani program latihan pembentukan otot. Hindari diri sementara waktu dari membaca majalah, buku, artikel online tentang kebugaran selama 7 hari penuh. Setelah itu, ke depannya luangkanlah waktu seminggu sekali untuk membaca artikel kebugaran. Dengan begitu, sebagian besar waktu anda tidak akan dihabiskan untuk membaca, melainkan berolahraga.

    4. Tidak mempunyai pelatih

    Seorang pelatih ibarat guru yang berkapasitas untuk mengajarkan suatu pelajaran terhadap muridnya. Tanpa adanya pelatih, Anda tidak akan tahu bagaimana membangun otot, membentuk perut agar six-pack dengan benar. Alih-alih sukses mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan, yang ada anda malah frustasi, tidak konsisten, dan akhirnya menyerah di tengah jalan. Oleh sebab itu carilah pelatih atau teman yang ahli di bidang ini untuk membantu Anda mendapatkan tubuh yang diinginkan. Mereka akan memberikan saran dan program-program latihan yang efektif dan teruji sehingga hasilnya jauh lebih maksimal jika anda belajar sendiri.

    5. Tidak mengukur kemajuan

    Ketidakberhasilan seseorang untuk mendapatkan hasil maksimal dalam pembentukan otot tubuh adalah karena tidak mengukur perubahan dan kemajuan (progress) yang terjadi selama latihan. Mereka yang sukses mendapatkan tubuh yang berotot adalah mereka yang rajin dalam mengukur perubahan dan kemajuan yang dialaminya, bahkan mereka juga mengukur hal-hal yang detil mulai dari ukuran beban pada angkat berat hingga jumlah makanan yang mereka konsumsi. Apakah Anda berhasil menambahkan 1/2 inci otot pada dada ? Anda tidak pernah tahu jika tidak mengukurnya.

    Semakin banyak hal yang diukur, semakin banyak perubahan dan kemajuan yang akan Anda lihat. Rutin mengukur perubahan dan kemajuan yang Anda alami dapat membuat Anda selalu memperhatikan apa yang kurang dan apa yang sebaiknya dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda disarankan untuk mencatat mengenai perubahan atau kemajuan sekecil apapaun selama proses latihan, mulai dari perubahan beban angkat berat, perubahan otot, berat badan, dan sebagainya.

    Info terkait:

    • caption tentang membaca
    • anak sekolah berotot
    • bewara angklung
    • cara mengukur main karambol
    • caption tentang alam dan alasannya
    • caption latihan
    • binarawati berkumis
    • bahasa indonesia hal 118 kelas 11
    • bahasa indonesia hal 118
    • woro woro pramuka bahasa jawa

    Leave a Reply