Yang Harus Kamu Ketahui Soal Hari Perempuan Internasional!

  • admin
  • 08/03/2018
  • Credit: totalreporter.com

    8 Mei jadi satu hari yang spesial buat para wanita.
    Ya apalagi kalau bukan karena tanggal tersebut biasa diperingati sebagai hari perempuan internasional Gan.

    Sebuah hari yang dirayakan secara internasional sebagai apresiasi atas pencapaian perempuan di berbagai bidang mulai dari sosial, ekonomi, budaya dan politik. Hari tersebut juga dipakai sebagai momentum untuk menyoroti kembali ketidaksetaraan yang masih dialami perempuan dalam kehidupan masyarakat modern masa kini.

    Bagaimana awal mula hari perempuan internasional?

    Perayaan Hari Perempuan Internasional berakar dari aktivitas gerakan buruh di kala pergantian abad ke 20 di kawasan Amerika Utara dan Eropa. Pada tahun 1908 tersebut, 15000 wanita berunjuk rasa di sepanjang jalan kota New York untuk menuntut hak-haknya memberikan suara, mendapatkan upah yang layak dan memangkas jam kerja karyawan.

    Credit: Vogue.com

    Setahun kemudian, 28 Februari diperingati sebagai Hari Perempuan Nasional sesuai dengan deklarasi Partai Sosialis Amerika. Baru kemudian tahun 1910, tercetus ide tentang Hari Perempuan Internaisonal yang dirayakan setiap tahunnya. Ide tersebut disepakati oleh 100 perempuan dari 17 negara di satu konferensi dan akhirnya terciptalah Hari Perempuan Internasional.

    Hari Perempuan Internasional kemudian pertama kali digelar pada 19 Maret 1911. Namun di tahun 1913, diputuskan untuk menggeser hari peringatan tersebut ke tanggal 8 Maret. Peringatan Hari Perempuan Internasional juga sempat terlupakan dan tak dirayakan selama beberapa tahun sampai akhirnya pada tahun 1975, PBB mendukung peringatan Hari Perempuan Internasional ini kembali dan memberikan tema besar setiap tahun sebagai bagian dari kampany3 di Hari Perempuan Internasional tersebut.

    Bagaimana Hari Perempuan Internasional dirayakan di berbagai belahan dunia?

    Negara-negara memperingati Hari Perempuan Internasional dengan cara-cara yang berbeda. Di beberapa tempat hari perempuan internasional menjadi hari libur nasional seperti yang terjadi di Afghanistan, Armenia, Azerbaijan, Belarus, Kamboja, China (khusus untuk wanita), Laos, Nepal (khusus wanita), Vietnam dan Zambia. Sementara negara-negara lain juga merayakannya seperti hari Ibu di mana laki-laki memberikan hadiah kepada istri, pacar, ibu atau teman perempuannya dengan bunga dan kado.

    Credit: internationalwomensday.com

    Apa tema Hari Perempuan Internasional tahun ini?

    Setiap tahun, Hari Perempuan Internasional mengambil satu tema dengan harapan bisa membawa kesadaran orang banyak terhadap suatu isu tertentu. Di tahun 2016 ada tema #PledgeforParity yang bertujuan menjadi sebuah komitmen untuk membantu perempuan di seluruh dunia mencapai tujuan mereka. Lalu ada tema #BeBoldforChange di tahun 2017 yang mendorong influencer untuk langsung berkontribusi dalam terciptanya dunia yang lebih inklusif gender.

    Di tahun 2018 kali ini, tema besar yang akan diangkat adalah #PressforProgress. Tema ini diangkat dengan mengambil momentum dari besarnya gerakan #MeToo dan #TimesUp di tahun 2017 yang kemudian diharap dapat mendorong kita untuk #PressforProgress,yang berarti bergabung bersama dalam mendorong perhatian global untuk mencapai tujuan akhir dari kesetaraan gender itu sendiri.

    Masih relevankah merayakan Hari Perempuan Internasional?

    Ya jelas lah Gan. Hari Perempuan Internasional kan memiliki tujuan awal agar tercapainya kesetaraan gender bagi perempuan di mana pun berada. Hal tersebut yang masih belum terealisasi hingga sekarang.

    Ini dikarenakan di beberapa sektor baik dari pendidikan, politik, kesehatan hingga kekerasan terhadap perempuan masih lebih buruk dibanding laki-laki. Dan mirisnya, menurut World Economic Forum, kesenjangan gender tersebut diprediksi baru akan terhapuskan saat tahun 2186. Waktu yang cukup lama kan Gan!

    Itu sebabnya di momen Hari Perempuan Internasional yuk sadari dan perjuangkan kembali pentingnya menghapus ketidaksetaraan yang masih terjadi hingga detik ini!

    Credit: Giphy

    Referensi: (1) (2), (3)

    Info terkait:

    • drama bencana angin puting beliung
    • naskah drama 5 perempuan 5 laki laki
    • nama gengs perempuan 6orang
    • nama geng untuk perempuan 6 orang
    • nama geng untuk 3 orang perempuan
    • nama geng persahabatan perempuan 3 orang
    • foto2 anime bersandar di bahu
    • drama komedi 7 orang 5 perem
    • contoh naskah drama tentang angin topan
    • naskah drama komedi 7 orang 5 perempuan 2 laki-laki